trend

Makanan Minuman yang Lagi Tren, Tapi Ternyata Tidak Sehat

Saat ini banyak sekali makanan/minuman yang sedang tren dan viral di sosial media. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukainya. Namun, tak sedikit makanan yang sedang tren ini memiliki kandungan kalori maupun cara pengolahan yang tidak direkomendasikan secara kesehatan. Apa sajakah itu?

Es Kepal

Dalam semangkuk es kepal, kalori yang ditawarkan tak main-main, hampir 1.000 kalori. Nyaris separuh kebutuhan kalori harian. Penggunaan susu kental manis, cokelat bubuk, gula dan remah biskuit membuat minuman yang lagi tren ini sebaiknya tidak dikonsumsi karena kandungan kalorinya yang sangat tinggi.

Hotang

Hotang alias hot dog kentang adalah jajanan populer yang sering muncul di drama Korea. Rasa gurih dan dibumbui dengan aneka saus membuat makanan ini menjadi favorit anak-anak. Tapi ingat, rasa gurih dan sedap yang ditawarkan kudapan ini bersumber dari penguat rasa yang digunakan sebagai bumbu. Cara pengolahan dengan metode deep frying atau menggunakan minyak goreng yang banyak sehingga makanan terendam saat proses penggorengan juga tidak disarankan secara kesehatan.

Telur Gulung

Jajanan ini mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan atau di depan sekolah. Saking larisnya, bahkan ada beberapa yang menggunakan nomer untuk mengatur antrean. Rasanya gurih sehingga disukai anak-anak. Yang harus diwaspadai adalah cara memasak telur gulung yang menggunakan minyak goreng yang telah dipanaskan berulang. Pemanasan berulang menyebabkan asam lemak tidak jenuh dalam minyak menjadi lemak jenuh penyebab berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan kolesterol. Cara menandainya mudah, minyak goreng yang telah berubah warna menjadi kehitaman artinya sudah tidak layak pakai.

Minuman Ringan

Kalau si Kecil menyukai soft drink alias minuman ringan, sebaiknya segera ganti kebiasaan tersebut dengan minuman yang lebih sehat, seperti jus buah buatan sendiri, air putih atau teh. Minuman ringan memiliki kadar gula, soda, pewarna dan pengawet yang sangat tinggi.

Kategori:
trend

SHARE