Tumbuh Kembang

Bangun Bonding Bersama Si Kecil

Menjalin bonding atau kelekatan dengan bayi, tak hanya merupakan momen yang indah, namun juga amat penting. Dilansir dari situs www.webmd.com dijelaskan bahwa bonding bisa terjadi langsung sejak orang tua jatuh cinta begitu menatap bayinya pertama kali.Penelitian menemukan sekitar 20% ibu dan ayah baru tidak merasakan keterikatan emosional yang nyata dengan bayi mereka beberapa jam setelah bayi dilahirkan. Terkadang, dibutuhkan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk merasakan keterikatan itu. Jika Ibu (maupun Ayah) belum merasakan bonding dengan bayi, jangan cemas atau merasa bersalah, karena itu akan datang pada waktunya. Nah, tentang cara membangun bonding, tips ini semoga dapat membantu:

  • Begitu tiba di rumah, habiskan waktu sebanyak mungkin dengan bayi. Susui bayi, gendong dia, nyanyikan lagu untuknya. Suara dan sentuhan Ibu bisa membuat bayi merasa nyaman.
  • Cobalah memijat bayi dengan lembut. Penelitian menemukan bahwa pijatan tidak hanya dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan bayi, tetapi juga dapat menghilangkan stres pada bayi dan mengurangi depresi pascapersalinan pada ibu.
  • Cobalah melakukan skin to skin contact, seperti Perawatan Metode Kanguru (PMK),  dengan si Kecil yang baru lahir. Walaupun sering digunakan pada bayi prematur, tetapi penelitian menemukan PMK juga menenangkan bayi yang dilahirkan cukup bulan. PMK tidak hanya membantu membangun bonding, tetapi juga meningkatkan kemampuan bayi untuk menyusu.Membangun bonding juga dapat dilakukan pada saat Ibu melakukan perawatan pada bayi. Misalnya, saat Ibu memijat tubuh si kecil dengan MY BABY Minyak Telon Plus yang membuat tubuh si kecil hangat dan nyaman lalu setelah Minyak Telon Plus-nya kering, dilanjutkan dengan mengusap lembut bayi dengan MY BABY Powder. MY BABY Powder memiliki formula lembut yang telah teruji klinis, efektif menjaga kelembapan kulit bayi sehingga membuat bayi merasa nyaman. Harumnya MY BABY Powder pun, bikin selalu kangen si kecil!

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE