Tumbuh Kembang

Cara agar anak cepat berjalan

Kemampuan si kecil apa yang membuat Ibu bangga? Kemampuan berjalan tentu menjadi salah satunya.  Sering kan kita berkata dengan bangganya, ”Anakku sudah bisa berjalan, lho!” Pertanyaannya, adakah cara cepat mengajari anak berjalan? Setiap anak memiliki perkembangan berjalan sendiri. Ada yang di usia 1 tahun bahkan kurang sudah bisa berjalan, tapi ada juga yang baru bisa berjalan di atas 1 tahun. Meski begitu, secara umum, anak usia 1 tahun harusnya mampu berjalan beberapa saat tanpa bantuan.  Pada usia 12-18 bulan kemampuan yang harus dikuasainya adalah berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan merambat ke perabotan di rumah, berjalan 2 atau 3 langkah tanpa bantuan, berjalan 10-20 menit tanpa bantuan.

Berikut cara agar anak cepat berjalan:
1. Agar anak cepat berjalan, izinkan anak untuk bereksplorasi ke segala penjuru rumah. Contoh,  saat anak mulai merangkak dan merambat, kurangi penggunaan kata “jangan” agar tak menghalangi geraknya.
2. Usahakan melepas anak dari gendongan sesering mungkin, sehingga otot kakinya lebih lincah bergerak. Dengan begitu, harapan anak cepat berjalan dapat terwujud.
3. Ajak anak bermain untuk menstimulasi motoriknya, seperi mengambil bola yang dilempar, mendengarkan lagu sambil melompat-lompat, dan sebagainya. Kemampuan motorik yang baik akan membantu anak cepat berjalan.
4. Ajak anak berjalan-jalan sore atau pagi. Bila kemampuan berjalan masih sangat kurang, orangtua bisa melakukannya sambil melatih anak. Terus lakukan, sehingga anak bisa berjalan dengan baik.
5. Sediakan sarana agar anak cepat berjalan. Sediakan tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. Dengan berpegangan pada bilah yang melintang, secara tak langsung anak berlatih berjalan saat mendorong bambu tersebut. Atau bisa juga dengan menyediakan hang bar seperti yang ada di pusat-pusat terapi. Intinya ada satu benda kokoh yang digunakan untuk berpegangan saat keseimbangannya masih labil.
6. Singkirkan benda pecah belah/ pajangan kaca dari atas meja atau jangkauan anak. Agar proses belajar berjalan berlangsung aman.
7. Jangan gunakan taplak yang menjuntai ke lantai, karena bisa membuatnya tersandung. Apalagi saat berjalannya belum mantap.

Selamat mencoba!

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE