Tumbuh Kembang

Kenali Ragam Sakit Perut Pada Anak, Gunakan Minyak Kayu Putih untuk Meredakan Sakit Perut

Sakit perut merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh anak-anak. Ini dapat berkisar dari ketidaknyamanan ringan, hingga rasa kram, melilit, dan mual. Meskipun sebagian besar kasus tidak serius, akan sangat membantu jika Ibu mengenali ragam sakit perut pada anak dan kapan harus menghubungi dokter. Berikut beberapa penyebab masalah perut yang paling sering terjadi pada anak :

Kembung
Kembung biasa terjadi pada anak-anak dari segala usia. Biasanya makanan/minuman menjadi penyebabnya. Minuman seperti soda dapat membuat perut kembung, begitu juga makanan pedas, kacang-kacangan, jeruk dan cokelat.

Sembelit
Jika anak mengeluh sakit perut di sekitar pusar atau sisi kiri bawah perut, tanyakan kapan terakhir kali buang air besar atau apakah mengalami masalah saat melakukannya.

Intoleransi laktosa
Anak yang menderita intoleransi laktosa saat mengonsumsi produk susu mungkin mengalami gejala seperti kram perut, gas, diare, atau sembelit.

Stres
Sakit perut yang tampaknya tidak memiliki penyebab yang jelas mungkin disebabkan oleh stres.

Masuk angin karena cuaca dingin
Cuaca dingin, terutama di musim hujan, bisa memengaruhi daya tahan tubuh dan menyebabkan tubuh anak  tidak fit dan mengalami masuk angin. Selain kedinginan dan bersin-bersin, gejala masuk angin adalah perut kembung.

Radang usus buntu
Jika anak mengeluh sakit parah dan terus-menerus di sisi kanan bawah perut dan sakit meski hanya bergerak sedikit, radang usus buntu mungkin penyebabnya.

Kapan harus menghubungi dokter anak

  • Nyeri parah di sisi kanan bawah dan konstan. Ini mungkin mengindikasikan usus buntu.
  • Nyeri parah dan berlangsung lebih dari satu jam
  • Nyeri konstan dan berlangsung lebih dari dua jam
  • Anak mengalami demam dan/atau muntah
  • Sakit perut yang terjadi pada anak berusia kurang dari 12 bulan.

Perawatan di rumah untuk sakit perut

Kebanyakan sakit perut yang diderita anak tidak serius (seperti kembung dan masuk angin) dan hanya membutuhkan sedikit perawatan di rumah, untuk itu Ibu bisa mencoba tips berikut:

  • Biarkan anak berbaring dan istirahat.
  • Beri sedikit minum
  • Manfaatkan minyak kayu putih untuk meredakan sakit perut. Pijat perut anak dengan lembut menggunakan MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Plus. Minyak kayu putih plus ini cocok digunakan untuk anak yang lebih besar karena memiliki kehangatan yang lebih bila dibandingkan minyak telon. Selain memberikan rasa hangat, MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Plus juga dapat membantu meredakan sakit perut, perut kembung, hingga masuk angin., serta memiliki wangi khas MY BABY yang menenangkan

Terakhir, jika anak terus mengeluh sakit perut, konsultasikan dengan dokter anak sehingga Ibu dapat mengetahui penyebab pastinya dan tentu cara mengatasinya dengan lebih tepat.

Sumber:
scripps.org

Kategori:
Tumbuh Kembang

Produk Terkait:

SHARE