Tumbuh Kembang

Kulit Kering pada Anak bikin Resah? Ini Solusinya

Kulit kering pada anak sangat umum terjadi. Salah satu penyebabnya adalah cuaca. Cuaca panas atau dingin dengan kelembapan rendah dapat membuat kulit si Kecil menjadi lebih kering, terutama di bagian tangan dan kaki. Yang kerap bikin resah orang tua, tak hanya tampak kasar dan bersisik, kulit kering juga bisa menyakitkan kalau sampai terkelupas, bahkan berdarah atau terinfeksi.

Namun tak perlu khawatir, beberapa tips sederhana di bawah ini dapat Ibu coba di rumah untuk membantu mengatasi kulit kering pada anak: 

  • Hindari mandi air hangat terlalu sering
    Kulit mengandung minyak alami khusus yang berfungsi untuk melindungi kelembapan kulit. Mandi air hangat yang terlalu sering bisa mengganggu perlindungan alami ini.  Sebisa mungkin biasakan si Kecil mandi dengan air dingin atau setidaknya suam-suam kuku.
  • Jangan mandi terlalu lama
    Batasi waktu mandi hingga 15 menit saja. Mandi terlalu lama juga bisa menghilangkan minyak pelindung yang diproduksi secara alami oleh kulit. Saat minyak alami tersebut berkurang, kulit pun cenderung jadi lebih kering.
  • Keringkan tubuh dengan benar
    Hal lain yang terkadang tidak disadari bisa memperparah kulit kering pada anak adalah cara mengeringkan tubuh yang kurang tepat. Cara yang benar adalah dengan menepuk-nepuk lembut tubuh si Kecil dengan handuk, dari bagian atas tubuh sampai ke ujung kaki hingga kering. Menggosok keras tubuh keras dengan handuk dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada kulit kering.
  • Hindari sabun yang keras
    Menggunakan sabun orang dewasa yang keras dapat memperburuk  kondisi kulit kering. Karena itu, gunakan selalu sabun khusus untuk anak dan pilihlah yang aman serta memiliki bahan-bahan yang dapat membantu melembapkan kulitnya. MY BABY Kids Body Wash sangat disarankan untuk dicobaSabun cair ini diformulasikan khusus untuk anak dengan perpaduan bahan alami sehingga aman digunakan setiap hari dan efektif membersihkan dan menjaga kelembapan kulit anak. MY BABY Kids Body Wash tersedia dalam dua pilihan: Cool & Fresh Blue yang mengandung lidah buaya dan Soft & Smooth Pink yang mengandung gandum. Baik lidah buaya dan gandum, keduanya memiliki manfaat untuk membantu menjaga kulit anak tetap halus dan menjaga kelembapannya.

Selamat mencoba, semoga masalah kulit kering si Kecil bisa cepat teratasi!

Sumber:
raisingchildren.net.au

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE