Tumbuh Kembang

Kapan Waktu yang Tepat Mengajak Si Kecil ke Baby Spa?

Banyak manfaat baby spa untuk si Kecil, seperti membantu perkembangan fisik dan mental terutama untuk stimulasi otot, peredaran darah juga perkembangan geraknya.

Untuk Bunda yang belum pernah melakukan baby spa, ada beberapa hal yang sebaiknya Bunda perhatikan:

  1. Usia minimal bayi untuk baby spa adalah 2-6 bulan karena diusia tersebut kepala bayi sudah kuat dan tegak.
  2. Bayi sudah memiliki berat badan minimal 5 kg.
  3. Pada saat pergi ke baby spa, pastikan bukan jam tidur si Kecil.
  4. Pilih jadwal pemijatan 1 jam setelah makan atau minum susu.
  5. Bila saat akan melakukan baby spa, si Kecil tertidur, tunggu sampai si Kecil bangun. Hindari membangunkan si Kecil saat karena bisa membuatnya trauma atau kaget dan membuat kualitas tidur si Kecil menjadi berkurang.
  6. Bila Bunda sudah menjadwalkan si Kecil untuk baby spa tetapi ternyata si Kecil dalam kondisi kurang sehat, sebaiknya Bunda mencari tahu terlebih dahulu penyebab sakitnya, karena tidak semua pemijatan dapat membuat bayi menjadi lebih rileks.
  7. Amati dan kenali posisi yang nyaman pada bayi saat ingin dipijat. Jika si Kecil tidak dalam posisi tubuh yang nyaman, hal itu akan membuatnya cepat bosan. Tidak semua bayi mau menerima untuk dipijat setiap saat.
  8. Pastikan Bunda dan Ayah mempunyai waktu yang cukup untuk menemani si Kecil baby spa karena ada kemungkinan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Bila terburu-buru, hal ini bisa memengaruhi rasa nyaman si Kecil.
  9. Jadwalkan si Kecil untuk baby spa minimal satu bulan sekali atau bila memungkinkan seminggu sekali.

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE