Tumbuh Kembang

Kenali 9 Tipe Kecerdasan Anak untuk Maksimalkan Potensinya

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anak. Namun, orangtua harus menyadari tak semua anak bisa menjadi sosok yang sempurna atau tumbuh sesuai kehendaknya. Pasalnya, masing-masing anak pada dasarnya memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sesuai dengan bidang yang diminatinya. Bila kemampuan tersebut didukung dan diarahkan dengan tepat, maka di kemudian hari ia akan menjadi anak dengan kepribadian serta karakter yang kuat. Namun, bagaimana orangtua mengetahui kemampuan anak? Yuk, kita cari tahu melalui konsep multiple intelligence alias 9 tipe kecerdasan yang dikemukakan Howard Gardner.

1. Kecerdasan Interpersonal  
Anak-anak dengan kecerdasan interpersonal adalah sosok yang kuat dan bisa berhubungan baik dengan orang yang lebih tua, setara, maupun yang lebih muda.
Mereka adalah sosok pendengar yang baik, suka berdamai, bahkan sering bertindak sebagai penyemarak suasana. Ia memiliki teman dekat dan bisa menjadi "pemimpin" kelompok, sehingga anak tipe ini terbiasa bermain dalam tim dan bekerja dalam kelompok.
Anak dengan kecerdasan interpersonal punya kemampuan mengerti dan peka terhadap perasaan, motivasi, watak, serta temperamen orang lain.

2. Kecerdasan Intrapribadi
Anak dengan kecerdasan intrapribadi memiliki kemampuan sebagai pemikir. Ia memilih menjaga diri sendiri sehingga terlihat pemalu dan menarik diri.
Anak tipe ini memang tidak terlihat aktif di kelas, ini karena mereka memilih langsung bertanya pada guru bila ada hal yang kurang dimengerti.
Kelebihannya, anak tipe ini memiliki gagasan yang jelas tentang masa depan dan ia memiliki kemampuan untuk menetapkan target pribadi.

3. Kecerdasan Visual
Inilah tipe anak yang memiliki kecerdasan visual kuat. Mereka bisa melihat perbedaan kecil dalam detail dan memiliki imajinasi kuat. Mereka suka menggambar, membuat sketsa, kartun, atau bermain puzzle dan teka-teki.

4. Kecerdasan Fisik
Anak tipe ini memiliki kecerdasan dan aktivitas fisik yang baik. Mereka menyukai kegiatan praktis seperti olahraga, menjahit, atau memasak.
Mereka juga bisa berkoordinasi dengan baik, serta memiliki kemampuan untuk menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan.

5. Kecerdasan Logis
Anak dengan kecerdasan logis memiliki penguasaan tinggi pada matematika dan ilmu pengetahuan. Mereka memiliki cara tertentu dalam melakukan sesuatu.
Sayangnya, ia mudah frustrasi menghadapi orang-orang yang tidak mengerti sudut pandangnya. Ia juga tipe anak yang terorganisasi tapi lebih senang bekerja sendiri. Kemampuan nalar dan mengembangkan pola sebab akibat pun menjadi keunggulannya.

6. Kecerdasan Linguistik
Howard Gardner menjelaskan, anak-anak dengan kecerdasan linguistik umumnya suka membaca, menulis cerita, puisi, dan penulisan lainnya.
Kosa kata, ejaan, dan kumpulan kata-kata yang ia miliki sangat kaya. Ia juga dapat menjelaskan suatu hal dengan baik. Anak Anda tipe ini? Asah kemampuannya dengan permainan kata, teka-teki, dan kuis.

7. Kecerdasan di Bidang Musik
Anak-anak dengan kecerdasan musikal yang kuat adalah tipe yang cepat menyukai lagu. Bahkan, ia bisa menguasai alat musik dengan mudah, begitu pula menemukan nada yang tepat ketika bernyanyi.
Anak tipe ini mempunyai kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik.

8. Kecerdasan Naturalis
Anak tipe ini senang bermain di alam. Ia juga memiliki kemampuan yang baik untuk menikmati kondisi lingkungan. Karena senang menikmati alam, mengenal tanaman, arah mata angin, dan binatang, ia pun memiliki insting yang kuat terhadap kondisi alam.

9. Kecerdasan Inteligensi Eksistensial
Kecerdasan ini menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam, seperti keberadaan atau eksistensi manusia.
Anak tipe ini senang berfilosofi dan memikirkan makna dari suatu hal. Ia akan senang bertanya mengenai suatu persoalan dan berusaha memecahkan masalah dengan baik.

Foto: Hearingreview.com

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE