Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > TUMBUH KEMBANG BALITA
Tren Pengasuhan 2018
Tren Pengasuhan 2018

Ulasan tren di tahun depan  menjelang pergantian tahun selalu menjadi topik perbincangan yang menarik,  termasuk tren dalam dunia parenting.  Pinterest, umpamanya,  merilis daftar tren teratas untuk tahun 2018 dalam dunia parenting. Menurut situs media sosial ini, orangtua pada tahun mendatang,  akan  lebih sadar lingkungan. Dalam mencari mainan dan produk bayi, mereka akan memprioritaskan barang-barang  yang tidak/kurang  memberi dampak buruk  pada planet ini. Lupakan mainan plastik murah yang cepat rusak. Pencarian mainan yang terbuat dari kayu, yang lebih tahan lama, naik 173% , sementara  pakaian ramah lingkungan naik lebih dari 750% . Di tahun mendatang  popok yang dapat digunakan kembali, pakaian daur ulang, dan tekstil yang berkelanjutan, menurut Pinterest,  akan semakin populer.

Ulasan tren pengasuhan menarik lainnya dapat dilihat  pada https://globalnews.ca/.  Situs ini mengulas hasil perbincangan antara presenter teve Global News, Kanada,  dengan Life coach and parenting expert, Erica Diamond, sebagai narasumber.  Salah satu tren yang  diprediksi  Diamond adalah booming-nya akun media sosial atas nama bayi. Bagi beberapa orangtua, membangun kehadiran media sosial untuk anak-anak mereka  dapat segera dimulai. Bahkan beberapa orangtua membuat akun di Twitter, Instagram, dsb, untuk anak-anak mereka yang belum lahir.

Bagaimana dengan Indonesia? Nakita.id membahas tren pengasuhan 2018 ini.  Mayoritas orangtua zaman sekarang cenderung menerapkan pola asuh moderat (dikenal juga sebagai pola asuh demokratis atau otoritatif). Yakni pola asuh bersikap rasional dan realistis terhadap perkembangan anak. Orangtua memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih apa yang ingin dilakukan tanpa memaksa, tentu saja pilihan ini disesuaikan dengan nilai-nilai keluarga. Alasannya, berhubungan dengan keterbukaan informasi yang sangat luas di era digital ini. Orangtua yang mencari informasi mengenai pola asuh moderat cukup tinggi, hingga akhirnya mereka tertarik dan menerapkan gaya itu pada anak-anaknya. Tahun 2018 tren pengasuhan moderat masih akan terus menjadi primadona di kalangan orangtua.

Tags : Tren pengasuhan 2018