Manfaat ASI Eksklusif Untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Segala yang dibutuhkan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang ada dalam ASI. ASI memiliki campuran vitamin, protein, dan lemak yang hampir sempurna. Banyak ahli medis, termasuk American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologists, menganjurkan pemberian ASI secara eksklusif (tanpa formula, jus, atau air) selama 6 bulan. Berikut Manfaat ASI Eksklusif untuk tumbuh kembang bayi:

  • Nutrisi yang ideal
    Komposisi ASI berubah sesuai dengan kebutuhan bayi. Pada tiga hari pertama setelah bayi lahir, misalnya, payudara menghasilkan kolostrum yang tinggi protein, rendah gula, dan sarat dengan senyawa bermanfaat. Kolostrum adalah cairan berwarna kekuningan mengandung Imunoglobulin A (IgA) yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi baru lahir dan membantu menguatkan sistem imunnya.
  • Mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti:
    1. ?Pemberian ASI secara eksklusif minimal 3 bulan sudah dapat mengurangi risiko infeksi saluran telinga tengah sebesar 50%.
    2. ASI eksklusif selama lebih dari 4 bulan mengurangi risiko rawat inap untuk infeksi saluran pernapasan hingga 72%.
    3. Pemberian ASI eksklusif dikaitkan dengan 27 - 42% penurunan risiko asma, dermatitis atopik, dan eksim.
    4. Menyusui setidaknya selama 3 bulan dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 (hingga 30%) dan diabetes tipe 2 (hingga 40%).
    5. Menyusui selama 6 bulan atau lebih lama terkait dengan pengurangan 15 - 20% risiko leukemia pada masa kanak-kanak.
  • ASI mendorong berat badan yang sehat dan ideal untuk si Kecil

    Studi menunjukkan tingkat obesitas pada bayi ASI 15-30% lebih rendah dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Durasi menyusui juga penting karena setiap bulan menyusui mengurangi risiko kegemukan di masa depan sebesar 4%. Penurunan tingkat obesitas ini terkait dengan jumlah bakteri baik dalam usus bayi ASI yang tercatat lebih tinggi. Bayi ASI juga memiliki lebih banyak leptin daripada bayi yang diberi susu formula. Leptin adalah hormon untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.
  • Membuat si Kecil lebih  cerdas
    Penelitian pada 3.500 anak hingga mereka dewasa menunjukkan pada usia 30 tahun, anak-anak ASI lebih baik pada tes kecerdasan. Mereka juga memiliki pendidikan yang lebih tinggi dan penghasilan yang lebih besar. Studi lain diikuti hampir 14.000 bayi ASI. Saat  berusia 6,5 ??tahun, kecerdasan dan status akademik mereka dievaluasi oleh dokter dan guru. Hasilnya ada hubungan sangat kuat antara pemberian ASI eksklusif dengan perkembangan kognitif  anak dalam jangka panjang. 

Referensi:
https://www.healthline.com
https://www.verywellfamily.com
https://www.webmd.com

Kategori:


Tumbuh Kembang

RELATED PRODUCTS

Minyak Telon Plus Eucalyptus
LIHAT DETAIL >
Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection
LIHAT DETAIL >
Shampoo Soft & Smooth
LIHAT DETAIL >
SHARE