Tips Ibu Cerdas

Cara Keramas yang Benar Agar Rambut Anak Hitam dan Lebat

Sementara ada anak usia sekolah yang sudah mulai menghabiskan berjam-jam di kamar mandi, sebagian lagi masih saja susah bila diajak mandi dan keramas. Nah, kalau si Kecil tipe yang disebut terakhir, mungkin ia belum menyadari pentingnya keramas.  Ini bisa menjadi tanda kalau Ibu perlu mengedukasi dan mendiskusikan hal ini. Jelaskan jika ia sering tidak keramas, rambutnya bisa  menjadi "magnet" debu dan membuatnya tampak lusuh. Tidak keramas juga bisa membuat  rambut mengeluarkan bau tidak enak yang bisa membuat dia dijauhi teman-temannya. Rambut kotor juga bisa menjadi penyebab gangguan pada kulit kepala, seperti ketombe dan rambut rontok.

Tidak hanya berupa penjelasan, anak pun biasanya perlu diajarkan cara keramas yang benar agar rambut anak hitam dan lebat, seperti langkah berikut ini:

  • Pijat kepala dengan lembut
    Rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala, jadi saat keramas pijat juga kulit kepala, tak perlu terlalu keras dan jangan menggunakan kuku. Pijatan akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Ajarkan membilas yang benar
    Salah satu masalah saat anak keramas adalah ia tidak tahu cara membilas yang bersih sampai terkadang masih ada busa shampoo yang tertinggal di rambutnya. Ibu bisa membantu dengan memberi contoh. Misalnya, saat membilas rambut, anak harus mengguyurnya dengan air sampai air di ember kosong. Jika ada cermin yang tersedia di kamar mandi, ajak juga anak untuk mengecek tidak ada lagi busa shampoo yang masih tertinggal.
  • Bilas dengan air dingin
    Meskipun tidak ada suhu yang tepat yang telah terbukti ideal untuk keramas, namun biasanya orang suka keramas  dengan air hangat. Namun pastikan untuk bilasan terakhir, anak mengguyur kepalanya dengan air dingin. Air hangat membuka kutikula rambut, air dingin akan menutupnya dan bisa membantu mengunci kelembapan rambut.
  • Pilih shampoo anak yang aman
    Beberapa anak tidak suka keramas dengan alasan shampoo-nya pedih di mata. Kalau ini masalahnya, Ibu bisa menggunakan MY BABY Kids Shampoo & Conditioner. Dengan formula shampoo yang lembut di mata, memberikan keharumannya juga tahan lama.

MY BABY Kids Shampoo & Conditioner juga sekaligus conditioner sehingga memberikan kelembutan dan kelembapan. MY BABY Kids Shampoo & Conditioner tersedia dalam dua varian yang dengan kandungan Pro vitamin B5, Milk Protein, dan Olive Oil, yaitu Healthy & Fresh dan Soft & Shiny. Shampoo khusus anak ini sudah teruji secara klinis sehingga aman untuk digunakan sehari-hari ini dapat menjadikan rambut anak halus, lembut, berkilau dan mudah diatur.

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

SHARE