Cara Pintar Atur Keuangan untuk Calon Ibu dan Ibu Baru

Sebagai calon ibu, terutama para ibu baru, mungkin sulit untuk berpikir soal mengatur keuangan di tengah kesibukan harus menyusui dan mengganti popok si Kecil terus-menerus. 
Tetapi mengatur keuangan rumah tangga diperlukan supaya pemasukan yang Ibu peroleh, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai uang bulanan cuma numpang lewat  karena hal-hal yang sebenarnya enggak perlu. Nah, ini cara pintar atur keuangan untuk calon ibu dan ibu baru: 
  • Pertimbangkan untuk meminjam barang
    Untuk para calon ibu, sebelum membeli barang untuk si Kecil yang akan lahir, coba hubungi dulu kerabat dan teman untuk melihat barang-barang keperluan bayi yang mungkin bisa dipinjam. Beberapa item, seperti boks bayi, pompa payudara, meja ganti, bak mandi, sebenarnya bisa pinjam jika memang kondisinya masih baik. Lumayan kan uangnya bisa beli untuk keperluan lain.
     
  • Jangan terlalu banyak menyetok baju
    Kegembiraan membeli dan menyetok pakaian imut untuk bayi yang belum lahir bisa jadi pemborosan karena lama-lama koleksi baju bayi itu jadi menumpuk. Kalau nantinya bisa terpakai lama sih enggak apa-apa, tapi biasanya baju-baju yang mahal itu hanya terpakai satu-dua kali karena pertumbuhan bayi yang begitu cepat. 
     
  • Beli baju dengan warna netral
    Saat Ibu berbelanja keperluan bayi sebisa mungkin pilih warna netral. Di Indonesia warna pink identik dengan bayi perempuan, sementara biru untuk laki-laki.  Dengan membeli perlengkapan bayi warna netral, jika berencana memiliki anak lagi, Ibu bisa berhemat karena dapat menggunakan barang-barang yang sama lagi.
     
  • Bawa daftar belanjaan
    Untuk para Ibu baru, punya bayi biasanya akan membuat kebutuhan belanja melonjak tajam. Salah satu cara mengatur keuangan adalah dengan menuliskan daftar yang perlu dibeli saat belanja dan tentukan batas pengeluarannya. Ini bisa mencegah Ibu mengeluarkan uang terlalu banyak.
     
  • Manfaatkan promo diskon
    Setelah punya bayi, Ibu juga akan sering bolak-balik  ke supermarket untuk belanja memenuhi kebutuhan si Kecil. Kurangi kunjungan ke supermarket dengan membeli kebutuhan bayi dalam jumlah banyak. Coba manfaatkan berbagai diskon yang biasanya ada di akhir pekan, terutama untuk kebutuhan seperti seperti popok bayi, tisu, dan sebagainya.  Diskon ini juga akan membantu Ibu banyak berhemat. 
 
Nah, selamat mengatur keuangan ya, Bu!

Kategori:


Moms Know Best

Tags :

keuangan

RELATED PRODUCTS

Fabric Softener Plus Ironing Aid Antibacterial Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
Cologne Lovely Touch
LIHAT DETAIL >
Powder Nourish & Smooth
LIHAT DETAIL >
SHARE