Financial Clinic: Merencanakan Keuangan Keluarga yang Lebih Sehat

Sebagai “menteri keuangan” di rumah, Ibu mungkin sedang kebingungan karena masa pandemi ini membuat kondisi keuangan menjadi tidak menentu. Karena itulah, beberapa waktu lalu MY BABY MOMVERSITY EXPERIENCE CLASS menyelenggarakan Financial Clinic untuk mengajak para ibu, dan tentu juga ayah, membangun rencana keuangan yang lebih sehat dalam keluarga.

Menurut Ligwina Hananto, membuat rencana keuangan ibarat membangun sebuah rumah yang membutuhkan fondasi yang kuat. Dalam rencana keuangan, fondasi yang kuat perlu diawali dengan dengan financial chek-up. “Saat financial check-up semua uang yang keluar dari rekening kita bisa kelihatan, termasuk angka cicilan utang akan terlihat jelas. Nah, angka-angka pada financial chek-up ini yang bisa menjadi indikator kesehatan keuangan kita,” jelas Lead Financial Trainer di QM Financial ini.

Langkah awal financial check-up adalah dengan menyiapkan dokumen-dokumen terkait aset dan utang yang dimiliki keluarga. “Jadi buat daftar punya harta apa saja, punya utang apa saja. Tuliskan juga di mana lokasi utang itu, apakah di bank, di pinjol, atau utang sama keluarga. Begitu juga aset. Banyak orang tahu memiliki harta apa saja, tapi tidak ditulis, jadi nggak tahu ringkasan asetnya. Nah, dengan financial chek-up, kita akan tahu kesehatan keuangan kita. Tentu idealnya aset harus lebih banyak dari utang,” jelas Ligwina.  

Merencanakan Keuangan Keluarga

Untuk menciptakan keuangan keluarga yang lebih sehat, begitu Ibu menerima penghasilan setiap bulan,  Ibu perlu menerapkan tips 1234, yakni membagi uang tersebut ke dalam 4 pos keuangan berikut:

  1. Minimum 10% untuk tabungan dan investasi
  2. Maksimal 20% untuk senang-senang
  3. Maksimal 30% untuk cicilan utang
  4. Maksimal 40% biaya hidup, termasuk untuk uang sedekah

Nah, selamat membuat financial check-up, ya Bu. Jangan lupa juga untuk selalu berhemat dan menjaga cashflow bulanan dengan memilih produk berdasarkan value for money seperti MY BABY untuk produk perawatan si Kecil. 

MY BABY menyediakan rangkaian produk lengkap dari toiletries, berupa powder, shampoo, sabun, lotion, cologne, dan hair lotion, hingga kategori treatment berupa minyak telon plus, lotion telon plus, dan diaper rash cream. Tidak hanya itu, MY BABY juga mengeluarkan berbagai produk household, seperti pembersih botol susu, pelembut pakaian bayi, antibacterial cleaner, hand sanitizer dan liquid detergent. 

MY BABY merupakan produk perawatan bayi yang diformulasikan khusus untuk bayi yang membuat Ibu merasa tenang dan lebih menikmati perannya dalam merawat si Kecil karena telah yakin memilih produk terbaik untuk kebersihan dan kenyamanannya. 

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Hair & Body Cologne Fresh Active
LIHAT DETAIL >
Minyak Telon Plus Lavender
LIHAT DETAIL >
Mouthwash Strawberry
LIHAT DETAIL >
SHARE