Tips Ibu Cerdas

Jangan Takut Mencukur Rambut Bayi, Ini Tips untuk Melebatkan Rambutnya

Di Indonesia mencukur habis rambut bayi biasanya akan dilakukan sebelum usia si Kecil 40 hari. Ini umumnya terkait erat dengan budaya yang ada di negeri kita tercinta ini. Secara medis sendiri, mencukur rambut bayi memiliki beberapa manfaat, seperti menghilangkan lemak-lemak yang masih menempel di kepalanya dan membuat bayi tidak kepanasan. Nah, kalau si Kecil sebentar lagi harus dicukur rambutnya, jangan takut berikut tips mencukur rambut bayi:

  • Pilih waktu yang tepat
    Pilihan waktu yang tepat adalah mencukur bayi saat ia tidak rewel atau sedang tertidur.
  • Basahi dulu rambutnya
    Sebelum mencukur rambut bayi, basahi dulu rambutnya. Cukur bagian-bagian kecil rambut dan selesaikan satu sisi sebelum berganti pada sisi yang lain.
  • Alihkan perhatian bayi
    Saat proses cukur berlangsung alihkan perhatian bayi. Pegangi bayi dengan benar karena terlalu banyak gerakan dapat menyebabkan luka pada kulit kepalanya.
  • Setelah bercukur
    Untuk mencegah gatal-gatal akibat sisa-sisa rambut yang menempel pada tubuhnya, bayi perlu dimandikan. Penggunaan sabun sekaligus shampoo, seperti MY BABY Hair & Body Wash akan lebih praktis untuk membersihkan si Kecil setelah dicukur karena produk tersebut dapat langsung membersihkan rambut dan badan bayi tanpa khawatir iritasi di mata karena formulanya yang lembut.

Apakah rambut si Kecil akan lebat setelah dicukur? Faktor yang paling memengaruhi lebat tipisnya rambut adalah faktor genetik. Namun nutrisi dan perawatan rambut juga memiliki peran penting. Untuk itulah ibu yang sedang menyusui perlu memerhatikan asupan nutrisinya karena apa yang dimakan oleh Ibu juga akan dimakan oleh si Kecil. Beberapa gizi yang dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah vitamin E. Kandungan antioksidan vitamin E dapat melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian yang ada di kepala, bahkan sampai ke kulit kepala. Contoh makanan yang kaya vitamin E adalah kacang-kacangan, jagung, dan bayam.

Selain vitamin E, asam folat juga berperan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memperkuat untaian sehingga tidak putus sebelum waktunya. Jadi ibu menyusui dapat mencoba beberapa makanan yang mengandung asam folat, seperti asparagus, kacang polong, dan buah jeruk. Untuk perawatan rambut si Kecil, Ibu perlu memilih produk perawatan rambut yang aman untuk bayi, seperti MY BABY Hair & Body Wash.

Mengapa MY BABY Hair & Body Wash? Alasan yang paling utama karena formulanya lembut dan sudah teruji aman untuk bayi. MY BABY Hair & Body Wash juga mempunyai berbagai manfaat, seperti melembapkan dan membantu pertumbuhan rambut, menghaluskan dan melindungi kulit kepala dari kekeringan, serta memberikan kelembutan dan keharuman ekstra bagi bayi. Selain bermanfaat untuk rambutnya, produk perawatan mandi ini pun, dapat membersihkan tubuhnya sekaligus dan membantu untuk melembapkannya. Dengan nutrisi dan perawatan yang baik, rambut si Kecil pun akan lebat dan tentu sehat. 

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

Produk Terkait:

SHARE