Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Mengajari Anak Berbagi dan Memberi
Mengajari Anak Berbagi dan Memberi

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti para pecinta surga karena ini adalah bulan pemberian, pengampunan, dan perhatian.  Pada bulan ini  si kecil bisa banyak memetik banyak pelajaran terutama tentang konsep berbagi dan memberi pada mereka yang kurang beruntung.

Benar bahwa balita masih belum mengenal konsep abstrak. Mereka belum dapat memahami apa itu berbagi, apa itu memberi, kecuali Ibu memberikannya contoh. Untuk itu Ibu dapat menerapkan tips-tips ini:

  • Gunakan Ramadhan untuk memulai rutinitas kunjungan rutin ke keluarga-keluarga dekat, terutama kerabat lansia. Jangan lupa untuk membawa buah tangan dan biarkan si kecil yang memberikannya. Selain mengajarkan konsep berbagi, kunjungan kekerabatan ini akan memberi pesan pada anak akan pentingnya menjaga ikatan kekeluargaan.
  • Rencanakan buka puasa istimewa untuk orang-orang yang membutuhkan. Minta anak ikut membantu menyiapkan.  Ajak juga ia berpuasa semampunya. Dengan memahami bagaimana rasa lapar dan haus itu, si kecil akan dapat menghayati penderitaan orang lain dan mengasah empatinya untuk mereka.
  • Rasa peduli anak juga dapat diasah dengan menyumbangkan pakaian layak pakai kepada orang yang tidak mampu.
  • Selama bulan Ramadhan, ajak anak mengumpulkan koin. Uang yang terkumpul dapat diberikan kepada organisasi amal atau orang yang membutuhkan.

Mengajarkan  berbagi pada anak menjadi penting karena sebagai makhluk sosial, kita tidak akan pernah terlepas untuk saling memberi dan menerima. Berbagi juga merupakan salah satu kegiatan Ramadhan terbaik dalam mengajarkan belas kasih dan empati pada buah hati.

 

Tags : bulan ramadhan, bulan suci ramadhan