4 Hal Penting tentang Demam Berdarah

Demam berdarah umum terjadi di Indonesia karena iklim tropis negara kita merupakan tempat subur bagi nyamuk Aedes. Nyamuk Aedes aegypti merupakan penyebab paling sering penyakit demam berdarah. Namun, wabah demam berdarah juga bisa disebabkan nyamuk Aedes albopictus, Aedes polynesiensis, dan Aedes scutellaris. 

Berikut hal-hal penting untuk diketahui terkait penyakit demam berdarah

Demam berdarah ditularkan melalui berbagai cara

Ada beberapa cara penularan demam berdarah. Yang pertama penularan nyamuk ke manusia, yaitu nyamuk Aedes yang terinfeksi virus demam berdarah menggigit manusia, sehingga menyebarkan virus tersebut.  Yang kedua, penularan ibu hamil yang sudah terinfeksi demam berdarah menularkan virus tersebut ke janinnya.

Orang bisa tertular virus demam berdarah lebih dari satu kali

Virus yang menyebabkan demam berdarah disebut virus dengue (DENV).  DENV memiliki 4 varian, yakni DENV-1, DENV-2, DENV-3, dan DENV-4. Ini berarti ada kemungkinan seseorang tertular sebanyak 4 kali demam berdarah. Penting juga untuk diingat bahwa infeksi kedua dan selanjutnya membawa risiko lebih tinggi.

Wolbachia menurunkan kasus demam berdarah

Wolbachia adalah teknologi untuk menurunkan kasus demam berdarah. Wolbachia sendiri merupakan bakteri yang dapat melumpuhkan virus dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, sehingga virus dengue tidak akan menular ke dalam tubuh manusia. Untuk menurunkan kasus demam berdarah, nyamuk ber-Wolbachia dibiakan kemudian dilepaskan ke wilayah yang banyak terjadi kasus demam berdarah. Menurut penelitian, nyamuk ber-wolbachia aman bagi manusia dan lingkungan.  

Pentingnya pencegahan 

Prinsip pencegahan lebih baik dari mengobati juga berlaku pada kasus demam berdarah. Moms bisa mengusapkan MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection pada bagian tubuh si Kecil yang tidak tertutup pakaian untuk mencegah gigitan nyamuk.  MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection dapat melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk dan serangga hingga 12 jam. Dengan Eucalyptus, juga melindungi si Kecil dari bakteri dan virus. MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti meredakan perut kembung dan menghangatkan tubuh si Kecil

Sumber:

www.worldmosquitoprogram.org

www.parkwayeast.com.sg

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Toothpaste Strawberry
LIHAT DETAIL >
Powder Cornstarch
LIHAT DETAIL >
Essentials Gift Box Blue
LIHAT DETAIL >
SHARE