Ayah ini Cara Membangun Bonding dengan Newborn

Ikatan antara ayah dan si Kecil mungkin sedikit unik bila dibandingkan ibu. Ada penelitian menarik terkait hal ini. Bila dibandingkan dengan para ibu, banyak ayah yang merasa belum menjadi seorang “ayah” saat si Kecil lahir.  Para ayah umumnya membutuhkan waktu 6 minggu hingga 2 bulan untuk merasakan bonding dengan bayi. Di sisi lain, menurut para ibu, mereka sudah mulai merasakan menjadi ibu begitu menerima kabar bahwa dirinya hamil. 

Namun penelitian menjelaskan sangat penting bagi ayah untuk berinteraksi dan menjalin ikatan dengan bayinya sedini mungkin. Karena ada fakta bahwa ikatan ayah dengan bayi sama pentingnya seperti ikatan ibu dengan bayi. Ikatan ayah-bayi yang berhasil terjalin begitu si kecil lahir, telah terbukti memiliki beberapa manfaat bagi bayi, seperti meningkatkan berat badan pada bayi prematur, dan meningkatkan tingkat menyusui, hingga berdampak positif pada perkembangan kognitif.

Nah, Ayah tertarik untuk menjalin ikatan dini dengan newborn? Berikut cara-cara yang mudah diterapkan:

Coba menggendong

Jangan takut untuk segera menggendong dan memeluk newborn. Lakukan skin to skin contact dengan membiarkan bayi menempel pada dada ayah yang terbuka. Ini akan menimbulkan perasaan aman dan nyaman pada si kecil. Bila ayah masih ragu menggendong, sekadar mencium newborn adalah sebuah langkah penting untuk mendekatkan diri dengan bayi.

Menjaga bayi saat malam

Dengan cara ini, pasangan bisa tidur lebih banyak dan Ayah akan memiliki kesempatan untuk menjalin ikatan dengan newborn. Jadi bangunlah untuk menggantikan pasangan dan coba memberi ASI perah pada si Kecil. Di tengah malam, saat tidak ada yang melihat, ayah bisa bersantai berdua dengan bayi.

Bacakan buku untuk newborn

Bayi yang baru lahir akan menikmati ritme dan kecepatan suara Ayah saat membaca buku. Tema bukunya bisa apa saja, yang penting di sini adalah keterlibatan ayah pada si Kecil.

Hadapi kerewelannya

Kemampuan ayah menangani bayi saat dia menangis sangat penting untuk Ayah menjadi orang tua yang percaya diri. Jadi belajarlah untuk tidak takut dalam menghadapi kerewelan si Kecil. Bila bayi rewel karena kembung, misalnya, Ayah bisa membalurkan MY BABY Minyak Telon Plus Lavender. 

Kehangatan  MY BABY Minyak Telon Plus Lavender akan menenangkan si Kecil dan membantunya buang angin, apalagi jika disertai pijatan di bagian perutnya. MY BABY Minyak Telon Plus Lavender terbuat dari paduan bahan alam, seperti Eucalyptus, Geranium dan Lavender.  Gunakan MY BABY Minyak Telon Plus Lavender setiap kali bayi merasakan perutnya kembung, kedinginan atau saat Ayah ingin melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk karena MY BABY Minyak Telon Plus Lavender juga dapat memberi perlindungan dari gigitan nyamuk dan serangga hingga 8 jam.

Nah, Ayah selamat menjalin bonding dengan newborn!

Sumber:

https://www.todaysparent.com

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Extra Thick Wipes Hand & Mouth
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Cologne Fresh Active
LIHAT DETAIL >
Powder Cornstarch
LIHAT DETAIL >
SHARE