Bayi Rewel? Begini Cara Menenangkannya

Bayi menangis rewel sangatlah normal. Langkah pertama yang bisa Ibu lakukan saat bayi rewel adalah berusaha tetap tenang, karena kepanikan hanya akan menambah stres Ibu. Lalu cobalah mencari penyebab mengapa si Kecil sampai rewel. Untuk membantu, berikut beberapa penyebab paling umum bayi rewel dan cara mengatasinya:

Lapar

Bayi biasanya menyusu setiap beberapa jam.  Untuk bayi baru lahir atau newborn, misalnya, mereka bisa menyusu 8 hingga 12 kali dalam periode 24 jam. Jika si Kecil menangis, ada kemungkinan dia sudah siap untuk menyusu lagi. Untuk mencegah bayi rewel, perhatikan tanda-tanda bayi lapar, seperti bayi mengecap bibirnya atau mendekatkan tangan ke mulut. Begitu ada tanda-tanda itu, Ibu bisa segera menyusui. Ini biasanya efektif untuk mencegah bayi terlalu lapar sehingga rewel.

Popok basah atau kotor

Tidak ada yang merasa nyaman bila harus duduk atau tidur dengan celana basah atau kotor.  Umumnya bayi BAK (buang air kecil) sebanyak enam atau lebih sehari, jadi sering-seringlah memeriksa popoknya untuk mencegah si Kecil rewel.

Bosan

Bayi juga bisa bosan. Bayangkan si Kecil hanya seharian dalam posisi tidur menatap dinding kamarnya. Untuk menghilangkan kebosanan, Ibu bisa membawa si Kecil berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah atau sekadar membawa bayi keluar, duduk di strolernya di halaman rumah.

Kepanasan atau kedinginan

Kerewelan bayi bisa juga disebabkan si Kecil saltum alias salah kostum. Baju yang terlalu tebal atau terlalu tipis bisa membuat bayi tidak nyaman dan menjadi rewel. Jadi, coba periksa pakaian si Kecil apakah sudah pas dengan cuaca hari ini.

Kembung

Menangis rewel juga bisa disebabkan si Kecil mengalami kembung. Cara mengatasinya, sering-seringlah menyendawakan bayi setiap habis menyusu dengan tepukan lembut di punggung untuk meredakan gas menumpuk di perutnya.

Cara efektif lain mengatasi perut kembung si Kecil adalah dengan membalurkan perutnya dengan MY BABY Minyak Telon Plus Lavender.  Kehangatan MY BABY Minyak Telon Plus Lavender akan memberikan rasa nyaman pada tubuh bayi serta membantu meredakan perut kembung.

Selain itu, MY BABY Minyak Telon Plus Lavender terbuat dari formulasi bahan-bahan alami, seperti eucalyptus, geranium dan lavender.  Keunggulan lain MY BABY Minyak Telon Plus Lavender adalah aroma lavendernya memiliki wangi yang menenangkan dan bisa membantu melindungi bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Nah, semoga si Kecil tak mudah rewel lagi ya!

Sumber:

www.healthychildren.org

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Cologne Soft & Gentle
LIHAT DETAIL >
Lotion Telon Plus
LIHAT DETAIL >
Minyak Kayu Putih Plus
LIHAT DETAIL >
SHARE