Ketahui Perkembangan Berat Badan Bayi yang Ideal

Berat badan bayi ideal akan berbeda pada setiap bayi. Karena bayi yang sehat datang dalam berbagai ukuran. Untuk mengetahui berat badan bayi ideal, Ibu dapat melihatnya pada Kartu Menuju Sehat (KMS). KMS adalah catatan grafik perkembangan anak yang diukur berdasarkan umur, berat badan, dan jenis kelamin yang di dapatkan dari petugas kesehatan yang menangani si kecil.  Namun, secara garis besar pertumbuhan bayi, termasuk berat badan bayi ideal, cenderung dapat diprediksi. Berikut panduan umum untuk pertumbuhan bayi di tahun pertama:

  • Dari lahir hingga usia 6 bulan

Pertumbuhan bayi ½ hingga 1 inci (sekitar 1,5 hingga 2,5 cm) per bulan dengan pertambahan berat badan 5 hingga 7 ons (sekitar 140 hingga 200 gram) seminggu. Berat badan bayi ideal pada usia 5 bulan umumnya dua kali berat badan lahirnya.

  • Dari usia 6 hingga 12 bulan

Per bulan bayi tumbuh 3/8 inci (sekitar 1 sentimeter) dengan pertambahan berat badan 3 hingga 5 ons (sekitar 85 hingga 140 gram) seminggu. Pada usia satu tahun, berat badan bayi ideal sekitar tiga kali lipat berat badan lahirnya.

Dokter akan melacak tumbuh kembang bayi pada pemeriksaan rutin, dan menandai pertumbuhannya pada grafik KMS. Beberapa kasus kehilangan berat badan pada bayi tidak perlu dikhawatirkan. Terlebih bila penyebabnya jelas, kesehatan yang terganggu akibat flu, misalnya. Tindak lanjut hasil pemantauan tumbuh kembang bayi biasanya berupa konseling dan rujukan bila memang dibutuhkan.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Hair & Body Wash Calm & Relax
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Cologne Fresh Active
LIHAT DETAIL >
Set Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
SHARE