8 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Umumnya berat badan Ibu setelah melahirkan akan naik sekitar 1 – 5 kg (bahkan lebih) dari berat badan sebelum hamil. Karena itulah, menurunkan berat badan bisa jadi salah satu hal yang cukup menantang. Bukan hanya untuk penampilan, namun juga demi kesehatan mengingat kelebihan berat badan dapat menjadi faktor risiko beberapa penyakit, seperti jantung dan diabetes.

Dibahas dalam laman Live Science, berikut ini cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang telah terbukti efektif secara ilmiah :

  1. Kombinasikan diet sehat dan aktivitas fisik

Penelitian membuktikan penurunan berat badan lebih efektif jika program yang dijalani merupakan kombinasi antara pola makan gizi seimbang dan aktivitas fisik secara bersamaan, daripada hanya berfokus pada salah satu di antaranya.

  1. Lakukan perubahan kecil

Tidak perlu melakukan diet ekstrem atau menjalani olahraga terlalu berat. Perubahan kecil sehari-hari terbukti dapat bermanfaat menurunkan berat badan, sepertimengurangi makanan tidak sehat seperti makanan yang tinggi kadar lemak dan lebih aktif bergerak.

  1. Kurangi kegiatan pasif

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa wanita yang menonton televisi kurang dari 2 jam sehari, berjalan setidaknya 30 menit sehari, dan membatasi konsumsi lemak memiliki kemungkinan untuk menurunkan berat badan setidaknya 5 kg dalam setahun setelah melahirkan.

  1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga paling sederhana, murah, dan dapat dilakukan siapa saja, bahkan para Ibu yang habis melahirkan, baik melahirkan normal ataupun operasi caesar.

  1. Perubahan pola makan

Ibu perlu mengikuti diet sehat yang berfokus pada batasi konsumsi makanan tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak tinggi dan memakan lebih banyak sayuran. Kedua cara ini akhirnya akan mengurangi jumlah keseluruhan kalori yang dikonsumsi.

  1. Menyusui

Menyusui memiliki efek pada penurunan berat badan karena menyusui membakar kalori. Secara umum, semakin banyak wanita menyusui, semakin besar pengaruhnya terhadap berat badannya.

  1. Lakukan diet dengan menyenangkan

Semua ahli menekankan satu hal, penurunan berat badan haruslah sesuatu yang menyenangkan dan dapat dipertahankan dalam jangka panjang. Diet ketat yang membuat Ibu tidak boleh menikmati makanan favorit cenderung berumur pendek. Saran ahli, fokus pada perubahan gaya hidup. Bahkan hal-hal yang kita anggap sepele, seperti mengurangi gula dalam teh atau kopi  dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

  1. Target 0,5 kg per minggu

Idealnya, Ibu dapat mengembalikan berat badan sebelum melahirkan dalam waku 6 – 12 bulan. Biasanya berat badan akan cepat turun di awal program (turun sekitar 0,5 kg per minggu) kemudian melambat hanya sekitar  0,5 kg per bulan.  Program penurunan berat badan yang ideal memang tidak mengarah pada penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat, namun ini adalah penurunan berat badan yang sehat, bertahap, dan akan bertahan lebih lama.

Selamat mencoba!

Sumber:
https://www.livescience.com

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Minyak Kayu Putih Plus
LIHAT DETAIL >
Diaper Rash Cream Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
Toothpaste Orange
LIHAT DETAIL >
SHARE