Perawatan Bayi

Jarang Diketahui: Ini Cara Menyikat Gigi Anak

Gigi susu anak akan digantikan dengan gigi yang permanen pada usia sekitar 6 tahun. Dari sinilah kebiasaan menggosok gigi secara teratur dengan cara yang tepat perlu semakin digiatkan.

 

Pada usia sekitar delapan tahun, anak-anak telah memiliki keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menyikat gigi. Jadi biarkan ia belajar mengggosok giginya sendiri. Namun biasanya di awal-awal si Kecil masih memerlukan pengawasan sampai Ibu yakin anak sudah dapat melakukannya sendiri dengan baik.

 

Berikut langkah menyikat gigi yang tepat yang perlu diajarkan pada anak yang bisa ibu ajarkan bahkan ketika ia masih memiliki gigi susu:

 

  1. Mulailah dengan permukaan luar gigi. Sikat gigi atas dan bawah dengan lembut.
  2. Sikat permukaan bagian dalam gigi. Gunakan sudut 45° untuk menyikat maju mundur untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi.
  3. Miringkan sikat gigi pada sudut 45° pada garis gusi untuk menyingkirkan plak atau sisa makanan yang terperangkap. Gerakkan sikat dengan lembut ke depan dan ke belakang menggunakan sapuan pendek selebar gigi.
  4. Bersihkan permukaaan gigi geraham. Jangan lupa untuk menggunakan gerakan maju mundur untuk menyikat bagian atas gigi belakang, di mana makanan dapat dengan mudah terperangkap.

 

Menyikat gigi adalah bagian dari rutinitas perawatan gigi dan harus didukung oleh pasta gigi yang tepat, yakni pasta gigi yang mengandung komposisi yang baik dalam melindungi gigi anak, seperti MY BABY Kids Toothpaste.  

 

MY BABY Kids Toothpaste merupakan pasta gigi bebas gula yang diformulasikan khusus untuk anak-anak dan memiliki kombinasi kekuatan perlindungan Double Fluoride, Calcium, dan Xylitol.  Menggunakan pasta gigi berfluoride minimal dua kali sehari adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat gigi sehat terawat dan bebas dari pembusukan gigi. Fluoride dalam pasta gigi membuat gigi lebih tahan terhadap asam yang dihasilkan setelah makan atau minum. Fluoride juga membantu mengembalikan mineral yang hilang dari gigi dan bahkan dapat mengatasi tahap awal kerusakan gigi.

Calcium dan Xylitol yang terkandung di dalam MY BABY Kids Toothpaste juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan gigi si Kecil. Xylitol berfungsi untuk melawan bakteri dan menghambat pembentukan plak. Sementara Calcium akan membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi anak.

Dengan dua pilihan rasa buah, rasa jeruk dan strawberry yang segar, anak akan semakin terdorong untuk rajin menggosok gigi.

Nah, semoga anak dapat menyikat giginya dengan benar sehingga kesehatan mulutnya selalu terjaga!

 

Sumber:

www.mouthhealthy.org

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE