Perawatan Bayi

LATIHAN KEMANDIRIAN BELAJAR MEMAKAI BAJU SENDIRI

Di usia sekitar 2,5 - 3 tahun, si kecil sudah dapat belajar memakai baju sendiri. Manfaatkan momen setelah anak mandi untuk latihan ajang kemandirian ini. Biarkan si kecil memilih bajunya sendiri. Simpan pakaiannya di laci yang dapat digunakan anak dengan mudah. Beri label dengan gambar (bila si kecil belum dapat membaca) untuk mendeskripsikan pakaian yang ada di dalam laci.

Ajarkan anak mulai dari memakai celana pendek dulu sebelum celana panjang, berikut beberapa cara agar anak dapat belajar memakai baju/celana sendiri:

  • Pilih celana pendek yang longgar dan berpinggang elastis.
    Hindari dulu celana panjang, apalagi dengan ritsleting atau berkancing.
  • Kaus oblong untuk latihan awal.
    Pilih kaus bergambar agar mudah dibedakan bagian depan dan belakang.
  • Berikan kemeja dengan lubang kancing yang besar.
    Memakai kemeja lebih banyak membutuhkan keterampilan. Wajar bila anak masih salah mengancingkannya.
  • Kesempatan berpakaian sendiri.
    Dengan sering berlatih kemampuan motorik halus anak akan semakin baik.
  • Bedak bayi wangi tahan lama
    Sebelum berpakaian, berikan bedak bayi wangi tahan lama, seperti MY BABY Powder Sweet Floral agar tubuh anak bertambah wangi.

Nah, anak pun siap berlatih. Untuk mempermudah saat memakai celana, minta anak untuk duduk. Bisa duduk di lantai, duduk di kursi, atau tempat tidur. Lalu tunjukkan dulu perbedaan bagian depan dan belakang celana/baju. Bagian bergambar harus selalu berada di depan.

Ajarkan langkah demi langkah dengan sabar. Misalnya pegang bagian atas celana, masukkan satu kaki ke dalam lubang. Lalu masukkan kaki lainnya. Tarik celana ke atas. Untuk kaus, agar anak tak bingung, minta ia memasukkan dulu kepalanya ke lubang kaus, baru kedua tangannya.

Setelah terampil memakai kaus sendiri, anak dapat belajar mengenakan kemeja. Pilih kemeja dengan lubang kancing yang besar dulu. Kemungkinan anak melakukan kesalahan saat mengancingkan kemejanya amat wajar, tak perlu ditertawakan. Dengan sering berlatih kemampuan motorik halus anak dalam berpakaian akan semakin baik.

Oh ya, sebelum berpakaian, pastikan tubuh si kecil sudah menggunakan bedak bayi wangi tahan lama, MY BABY Powder Sweet Floral  agar ia bertambah wangi setelah mandi.

Selain sebagai bedak bayi wangi tahan lama, MY BABY Powder Sweet Floral akan merawat kelembutan dan kehalusan kulit buah hati.  Manfaat lain bedak bayi MY BABY Powder Sweet Floral adalah membuat si kecil bebas dari iritasi kulit.

Minta si kecil untuk memakai bedak bayi wangi tahan lama ini pada permukaan kulitnya. Penggunaan setelah mandi akan membuat keharuman aroma bunga MY BABY Powder Sweet Floral dapat bertahan sepanjang hari.

Kategori:
Perawatan Bayi

Produk Terkait:

SHARE