Perawatan Bayi

Perut kembung bikin Bayi Cranky? Manfaatkan Lavender Oil

Perut kembung sering terjadi pada bayi terkait sistem pencernaannya yang belum matang. Biasanya kembung dialami si Kecil ketika ia banyak menelan udara selama menyusu.  Nah, kalau si Kecil cranky karena perut kembung tak perlu panik, ini yang perlu Ibu lakukan:

 

Sendawakan bayi dua kali

Saat menyusui, Ibu perlu menyendawakan bayi minimal dua kali untuk membuang udara yang tertelan dan membuat perutnya kembung. Di tengah-tengah menyusui, beri tepukan lembut di punggung bayi hingga ia bersendawa dan ulangi lagi di akhir menyusui. Salah satu tanda si Kecil perlu bersendawa adalah ketika ia rewel dan berpaling dari payudara atau botol susunya.

 

Lakukan bicycle exercise

Bila si Kecil masih rewel beberapa waktu setelah menyusui, coba baringkan dia dan lakukan bicycle exercise. Caranya putar kaki si Kecil (seperti gerakan mengayuh sepeda) ke arah perutnya dengan lembut. Gerakan ini membantu mendorong keluar udara yang terperangkap di perutnya. Alternatif lain, dorong perlahan lutut bayi ke perutnya dan tahan selama 10 detik, lalu lepaskan dan luruskan kaki bayi. Ulangi beberapa kali. Biasanya gerakan-gerakan ini akan membantunya buang angin.

 

Perhatikan makanan Ibu jika sedang menyusui

Beberapa makanan yang Busui makan terkadang bisa menyebabkan gas pada perut bayi dan membuatnya kembung. Coba konsultasikan dengan dokter apakah Ibu perlu mengurangi atau menghindari makanan-makanan yang mengandung gas, seperti produk susu, kafein, bawang,  kol dan sebagainya.

 

Balurkan minyak telon plus lavender

Cara efektif lain yang dapat membantu cegah perut kembung adalah dengan membalurkan perut si kecil dengan lavender oil, seperti yang ada dalam MY BABY Minyak Telon Plus Lavender. Wangi lavender oil memiliki efek menenangkan bayi cranky.  Usapkan MY BABY Minyak Telon Plus Lavender dengan lembut ke seluruh bagian perut, punggung, hingga kaki.  Kehangatannya akan memberikan rasa nyaman pada tubuh bayi serta membantu meredakan perut kembung.

 

MY BABY Minyak Telon Plus Lavender terbuat dari formulasi bahan-bahan alami, seperti eucalyptus, geranium dan lavender. Gunakan MY BABY Minyak Telon Plus Lavender setiap kali bayi rewel karena perutnya yang kembung.

Keunggulan lain MY BABY Minyak Telon Plus Lavender adalah aroma lavendernya wangi untuk Ibu dan si Kecil, tapi sangat tidak disukai nyamuk sehingga minyak telon ini bisa  membantu menghindari bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam. MY BABY Minyak Telon Plus Lavender telah tersertifikasi halal dan merupakan salah satu produk berkualitas dari MY BABY, merek kepercayaan Ibu cerdas.

 

 

Sumber

www.whattoexpect.com

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE