Perawatan Bayi

Benarkah Rambut Bayi Bisa Berketombe

Sebenarnya ketombe sangat jarang terjadi pada anak kecil. Paling sering ketombe muncul saat pubertas. Jadi, apa yang terjadi pada rambut si kecil? Mengapa tampak ada sisik-sisik putih di kulit kepalanya? Ada beberapa kemungkinan untuk itu:

  • Kulit kepala si kecil mungkin mengelupas akibat sengatan matahari. Hindari risiko ini dengan membatasi paparan sinar matahari pada si kecil, terlebih sesudah jam 9 pagi.  Berikan juga si kecil topi setiap kali bermain di luar.
  • Penyebab lain, saat mengeramasi si kecil, Ibu menggunakan terlalu banyak sampo dan tidak membilasnya dengan cukup baik. (Sisa-sisa sampo yang telah mengering bisa terlihat seperti ketombe.)  Rambut si kecil umumnya belum terlalu lebat, untuk itu tuangkan secukupnya sampo saat mencuci rambut bayi dan pastikan membilasnya hingga bersih. Sampo yang digunakan juga sebaiknya sampo khusus yang teruji klinis aman untuk  bayi, seperti MY BABY Shampoo Soft & Smooth.  Formula sampo ini begitu lembut membersihkan rambut dan kulit kepala.  MY BABY Shampoo Soft & Smooth diperkaya dengan madu dan minyak zaitun untuk membantu merawat kesehatan rambut, membuat rambut terasa halus dan lembut.  Sampo ini teruji klinis tidak menyebabkan iritasi pada mata dan kulit kepala bayi.
  •  Sisik-sisik putih di kulit kepala bayi bisa juga adalah kerak kepala (cradle cap).  Kondisi ini sangat umum pada anak berusia di bawah 12 bulan. Bila Ibu mengkhawatirkannya, konsultasikan pada dokter.
  • Kemungkinan lainnya,  si kecil memang berketombe lantaran jarang dikeramasi.  Sebenarnya tidak ada patokan ideal frekuensi keramas pada bayi karena hal ini akan sangat bergantung  pada cuaca dan rutinitas yang dijalani si kecil. Namun pastikan begitu  si kecil banyak berkeringat, ia perlu dikeramasi agar rambut dan kulit kepalanya kembali bersih.  Bila si kecil memang mengalami ketombe, ada baiknya dokter memeriksa keadaaan kulit kepala si kecil karena ketombe sangat tidak biasa terjadi pada anak-anak.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE