Perawatan Bayi

Kenapa Rambut si Kecil Rontok?

Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi tidak hanya oleh orang dewasa, namun si Kecil juga bisa mengalaminya, lho, Bunda. Diperkirakan 3% anak menderita kerontokan pada rambutnya.  Bunda pastinya harus segera mengetahui apabila si Kecil mengalami kerontokan rambut, karena kalau dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan. 

Apa Penyebabnya?

  • Terinfeksi jamur menular yang disebut tinea capitis, biasanya ditandai dengan titik-titik botak warna merah yang merata atau titik-titik hitam bekas rambut putus.
  • Ikatan rambut pada rambut si Kecil yang terlalu ketat atau bisa juga dari jenis tali rambut yang terbuat dari bahan kimia permanen sehingga menyebabkan rambut rontok.
  • Rontoknya rambut bisa ditandai ketika si Kecil menderita stres berat, seperti ada sesuatu yang membuatnya kehilangan.
  • Si Kecil suka mencabut, menarik, menggosok atau memutar rambut yang bisa menjadi awal timbulnya kerontokan rambut.

Bila Bunda sudah tahu akan tanda-tanda kerontokan pada rambut si Kecil, segera atasi atasi dan lakukan pencegahan dini dengan:

  • Perbanyak konsumsi sayuran yang memiliki kandungan zinc, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, seperti bayam dan brokoli.
  • Rambut akan semakin mudah rontok jika memiliki ukuran yang panjang. Hal ini dikarenakan rambut yang panjang akan mudah tertarik. Untuk itu Bunda bisa mengatasinya dengan mencukur rambut si Kecil.
  • Gunakan sampo yang sesuai untuk usia dan jenis rambut si Kecil. Bunda bisa berikan My Baby Shampoo Soft & Smooth yang diformulasikan khusus untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Diperkaya dengan kandungan Madu dan Minyak Zaitun untuk membantu merawat kesehatan rambut, membuat rambut terasa halus dan lembut. Tidak membuat iritasi di mata karena telah teruji klinis.

Jika kondisi rambut rontok pada si Kecil terus berlanjut bahkan masuk dalam tahap mengkhawatirkan, sebaiknya Bunda segera konsultasikan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE