Perawatan Bayi

Menentukan Produk Kosmetik Aman untuk Bayi

Ketika mendengarkan kata "kosmetik", mungkin Anda akan mengernyitkan dahi sejenak. Memangnya bayi sudah boleh pakai kosmetik?

Tenang dulu. Kosmetik yang dimaksud di sini bukanlah lipstick, eye shadow, atau pewarna pipi, melainkan segala produk yang digunakan untuk menjaga kebersihan si kecil, seperti bedak, lotion, sampo, atau sabun.

Karena banyaknya varian produk bayi di pasaran, maka penting bagi para orangtua untuk tahu bagaimana cara memilih produk kosmetik terbaik untuk anak mereka. Umumnya, pemilihan produk kosmetik bagi anak ditentukan oleh selera orangtua itu sendiri (misal: bentuk kemasan yang lucu, atau aroma produk yang khas). Atau, bisa juga karena faktor turun-temurun, sehingga karena sudah percaya satu merek tertentu, orangtua tidak ingin ganti-ganti lagi. Bukan itu saja, faktor penentu pembelian produk kosmetik bayi bisa juga karena alasan harga.

Lalu sebenarnya, bagaimana sih cara aman untuk memilih produk yang aman untuk bayi?

  • Perhatikan bahan-bahan kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan bahan yang digunakan memang aman untuk si bayi. Pastikan juga kosmetik yang dipilih sudah mendapatkan ijin aman untuk digunakan  oleh bayi.
  • Jika si kecil memiliki kulit yang sensitif, hindari menggunakan produk yang membuat anak Anda alergi dan timbul iritasi pada kulitnya seperti produk yang menggunakan pewarna atau antiseptik. 
  • Untuk lebih aman, coba produk kosmetik sedikit pada kulit anak. Jika timbul ruam merah pada kulit, tandanya anak Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Segera hentikan pemakaiannya dan ganti dengan produk yang lain.
  • Gunakan produk kosmetik sesuai dengan panduan penggunaan secara benar. Pemakaian secara berlebihan malah akan menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan ruam yang dikhawatirkan dapat menipiskan kulit bayi.

FOTO: MOMJUNCTION.COM

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE