Tren

Punya Newborn saat Pandemi? Ini Tips Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Ibu

Pulang dari rumah sakit setelah melahirkan bisa menjadi peristiwa menggembirakan sekaligus mencemaskan. Di tengah pandemi COVID-19, prioritas utama bagi orang tua tentulah menjaga kesehatan bayi dan mencegah penularan virus. Berikut tips perawatan bayi baru lahir dalam bentuk tanya jawab:

Apakah menyusui aman selama pandemi ini?
Ya, dan justru Ibu harus terus menyusui si Kecil. Menyusui memberikan nutrisi alami yang tak tertandingi untuk bayi baru lahir. Dalam laman UNICEF dijelaskan antibodi dan faktor bioaktif dalam ASI dapat melawan infeksi COVID-19, jika bayi terpapar. Untuk itu, hingga bayi usia 6 bulan, Ibu disarankan untuk menyusui secara eksklusif.

ASI mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin serta mineral. ASI juga mudah diserap oleh saluran cerna bayi hingga baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Apakah saya harus membawa bayi ke rumah sakit saat jadwal kontrol pertama?
Ya. Pemeriksaan pertama penting untuk memantau kondisi kesehatan si Kecil, termasuk untuk melihat ada tidaknya masalah atau gangguan pada tumbuh kembangnya. Si Kecil juga akan diberi imunisasi pertama, seperti BCG, Polio, dan Hepatitis B. Jadi, patuhi jadwal itu dengan terus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Bagaimana cara melindungi bayi dari infeksi COVID-19?
Setiap orang yang ingin menyentuh bayi harus sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Ibu juga perlu membersihkan dengan disinfektan permukaan benda-benda di rumah untuk menjaga lingkungan bebas dari kontaminasi virus. Jika Ibu merasa tidak enak badan, jangan ragu untuk menggunakan masker.

Apakah bayi harus sering dimandikan ?
Periode memandikan bayi baru lahir dibagi menjadi dua, memandikan bayi sebelum tali pusatnya lepas dan sesudah tali pusat lepas dan sembuh sepenuhnya. Kalau tali pusat belum puput, bayi cukup dibersihkan dengan waslap yang telah dicelup dengan air hangat. Baru setelah tali pusat lepas, bayi dapat dimandikan  dua kali sehari. 

Bagaimana saya memilih produk yang aman untuk bayi baru lahir?
Ada banyak ragam produk di luar sana yang dipasarkan untuk bayi, tetapi tidak semua produk tersebut cocok untuk si Kecil. Ibu harus memilih produk yang memang diformulasi lembut untuk bayi dan newborn, seperti MY BABY Hair & Body Wash.  Formula MY BABY Hair & Body Wash sudah teruji klinis (clinically tested) aman digunakan untuk bayi. Sabun sekaligus shampoo ini juga sangat praktis karena dapat membersihkan rambut dan badan bayi sekaligus, tidak licin dan mudah untuk dibilas, serta 99% melindungi dari kuman.  Tak perlu khawatir mata si Kecil akan pedih karena MY BABY Hair & Body Wash memiliki formula yang lembut. 

Kategori:
Tren

SHARE