Tumbuh Kembang

Cepat Berjalan Dengan Baby Exercise

Langkah pertama si kecil merupakan salah satu tonggak yang paling ditunggu-tunggu orang tua. Ada banyak latihan untuk membantu Si Kecil meningkatkan keseimbangan, membangun kekuatan, dan mempersiapkan diri untuk berjalan. Beberapa tips ini bisa dicoba Ibu di rumah:

  • Mengambil Mainan
    Minta si kecil untuk duduk di kursi bayi (pilih yang tanpa sandaran). Pastikan anak sudah bisa duduk tanpa bantuan dan kakinya dapat menyentuh lantai. Untuk keamanan, pastikan Ibu selalu berada di dekat si kecil. Letakkan sebuah mainan di lantai, lalu minta si kecil meraihnya. Kemudian biarkan ia duduk kembali. Latihan ini akan memperkuat otot-otot tubuh si kecil, seperti otot kaki, punggung, dan bahu yang dibutuhkan untuk berjalan kelak.
  • Jelajah sofa

    Posisikan si kecil di samping sofa. Biarkan anak berpegangan pada sofa, sementara tangan lainnya berpegangan pada Ibu untuk keseimbangan. Ajak ia bergerak bolak-balik secara perlahan di sepanjang sofa. Sesekali lepaskan tangannya agar anak mencoba berjalan sendiri. Agar dia lebih bersemangat, tempatkan mainan favoritnya di salah satu ujung sofa.
  • Tendang bola
    Biarkan bayi berpegangan pada sofa, lemari, atau furnitur lainnya. Letakkan bola di lantai, di samping kakinya. Dia mungkin secara tidak sengaja menendang bola itu. Taruh kembali bola di dekat kakinya, maka ia pun akan mengangkat satu kaki untuk menendang bola dengan sengaja. Tempatkan bola bergantian di kedua sisi tubuhnya sehingga dia bisa berlatih menendang dengan kedua kaki. Gerakan-gerakan ini baik untuk si kecil belajar kesimbangan.

Nah, selamat mencoba di rumah. Latihan-latihan ini perlu diulang beberapa kali setiap hari agar si kecil bertambah lancar,namun pastikan untuk selalu mengawasinya ya Bu. Belajar berjalan juga akan lebih mudah jika tanpa sepatu, karena mengaktifkan simpul-simpul saraf kakinya. Jadi pastikan si kecil bertelanjang kaki di rumah saat berlatih.

Sumber:
www.primroseschools.com

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE