Tumbuh Kembang

Cinta Ayah Membuat Anak Lebih Mandiri

Ayah memainkan peran dalam kehidupan si Kecil yang tidak bisa diisi oleh orang lain. Cinta ayah membuat anak lebih mandiri, juga lebih tangguh dan cerdas. Bersama-sama saat mengasuh si Kecil, ayah dan ibu akan saling menyeimbangkan satu sama lain. Jadi, yuk, minta Ayah untuk lebih terlibat dalam pengasuhan si Kecil. Berikut beberapa studi terkait cinta ayah pada anak:       

 

Cinta Ayah Membuat Anak Belajar Mengambil Risiko

Suatu studi menggambarkan bagaimana Ayah lebih baik daripada Ibu dalam mengajarkan cara berenang pada anak.Ayah yang umumnya kurang protektif cenderung membiarkan anak-anak menjelajah kolam menjauh dari mereka. Cara ini mendorong si Kecil untuk belajar mengambil risiko.

 

Cinta Ayah Tingkatkan Kecerdasan

Studi menunjukkan anak-anak dengan Ayah yang terlibat aktif sepanjang tahun pertama kehidupan mereka, menunjukkan perkembangan kognitif yang lebih baik karena mereka memiliki rasa ingin tahu dan keinginan eksplorasi yang tinggi. Selain itu, anak juga lebih percaya diri untuk mencoba hal-hal baru.

 

• Cinta Ayah Tingkatkan Percaya Diri

Anak-anak didukung oleh Ayah lebih cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan umumnya lebih bahagia dan lebih percaya diri. Bantu Ayah mengungkap cinta pada si Kecil dengan mengajaknya merawat si Kecil. Setelah Ibu selesai memandikan bayi, misalnya, biarkan Ayah yang mengurus setelahnya seperti menggunakan MY BABY Minyak Telon Plus hingga memakaikan baju ke si Kecil.

  • Cinta Ayah Membuat Anak Lebih Mandiri

Gaya bermain ayah yang lebih aktif dan respons yang relatif lambat terhadap anak, menurut penelitian, justru akan meningkatkan kompetensi pemecahan masalah dan kemandirian pada anak.Pengasuhan ayah dan ibu bersama-sama akan menyeimbangkan satu sama lain. Ayah mendorong persaingan, melahirkan kemandirian. Ibu mempromosikan kesetaraan, menciptakan rasa aman.

Kategori:
Tumbuh Kembang

Tags :

ayahmandiri
SHARE