Tumbuh Kembang

Akrabkan Si Kecil Dengan Musik

Mengenalkan musik pada anak dapat dimulai ketika anak berusia 2 tahun, karena di usia ini syaraf otak yang digunakan untuk mempelajari musik sudah berkembang sempurna. Bunda dapat mengenalkan berbagai jenis musik pada Si Kecil, mulai dari pop, jazz, klasik dan genre musik lainnya. Semakin beragam jenis musik yang si Kecil dengar akan semakin baik, karena ia akan mengetahui kekayan musik yang tersedia untuknya. Saat usianya bertambah, si Kecil akan memiliki selera musiknya sendiri dan hanya mau mendengarkan jenis musik yang ia suka saja.

Belajar sambil bermain
Sebagai permulaan, Bunda bisa mengenalkan si Kecil pada musik dengan memutar musik atau lagu di rumah. Bunda bisa ikut menyanyi atau menari mengikuti lagu sampai si Kecil akrab dengan sebuah lagu dan hapal irama dan lirik lagu tersebut.

Ajak ia ikut bernyanyi dan menari mengikuti lagu anak-anak yang sederhana. Untuk anak yang lebih kecil, Bunda bisa memangkunya saat mengenalkan musik. Sedangkan untuk anak yang lebih besar, kepekaan musikal dapat dilatih melalui kegiatan bermain.

Metode belajar sambil bermain merupakan metode yang paling efektif karena anak-anak masih memiliki rentang perhatian yang pendek. Dengan bermain ia akan menjadi tidak cepat bosan saat belajar alat musik.

Manfaat bermain musik
Banyak hal positif yang akan didapat si Kecil jika Bunda membiasakannya akrab dengan musik sejak dini. Berikut manfaatnya:

  • Kreativitas. Musik efektif untuk membantu anak menyalurkan daya imajinasinya. Bila terus diasah, si Kecil akan berkembang menjadi anak yang kreatif
  • Koordinasi motorik. Saat memainkan alat musik atau mendengarkan lagu sambil menggerakkan badan, koordinasi motorik dan indera anak dilatih agar selaras. Hal ini akan membantu mengembangkan kemampuan sinkronisasi ritme dan urutan-urutan gerakan
  • Keseimbangan otak. Dengan melatih kemampuan musikal, kemampuan otak kiri dan kanan menjadi seimbang. Anak-anak yang biasa berlatih musik umumnya memiliki daya ingat dan kemampuan menyerap pelajaran dengan lebih baik
  • Kemampuan sosial. Musik akan mendorong anak untuk lebih mau bersosialisasi, membentuk jiwa kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE