Tumbuh Kembang

Serunya Berenang Bersama Si Kecil!

Kegiatan berenang tidak hanya menyenangkan tapi juga berguna untuk melatih kemampuan motorik bayi. Saat ini banyak tempat menawarkan kolam renang khusus keluarga, atau Bunda dapat mengajak si Kecil ke baby spa. Bila Bunda ingin yang praktis, Bunda bisa memanfaatkan kolam plastik yang banyak dijual di pasaran. Supaya acara berenang si Kecil nyaman dan menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh Bunda:

Lingkungan kolam renang
Saat memilih kolam renang, Bunda harus memastikan lingkungan dan suasana kolam renang aman dan nyaman bagi bayi. Kolam renang sebaiknya tidak terlalu ramai dan menyediakan penjaga yang paham cara memberi pertolongan pertama bayi dalam kondisi darurat.

Suhu air kolam renang
Bayi berusia dibawah 6 bulan belum mampu meregulasi suhu tubuhnya jadi ia akan mudah merasa dingin. Sebaiknya Bunda membawanya berenang di kolam dengan suhu air 27-30 derajat Celcius. Pastikan juga air kolam renang jernih dan bersih.

Pastikan keamanan bayi
Gunakan pelampung bayi seperti neck ring yang tepat ukuran dan tekanan anginnya agar si Kecil selalu dalam keadaan aman. Pastikan Anda selalu mendampingi si Kecil selama ia berada di dalam air.

Frekuensi berenang
Si Kecil dapat berenang sampai 5 kali dalam seminggu dengan lama renang sekitar 20-25 menit per hari. Jangan mengajak Si Kecil berenang lebih dari 30 menit karena dapat meningkatkan risiko hipotermia (penurunan suhu tubuh dari suhu normal) pada bayi.

Tabir surya khusus bayi
Bila Bunda mengajak Si Kecil berenang di kolam renang outdoor, oleskan tabir surya (sunblock) khusus bayi/anak-anak agar kulitnya terlindungi dari sengatan sinar matahari.

Mandi yang bersih
Setelah berenang, segera mandikan si Kecil dengan air hangat sampai ia benar-benar bersih. Kemudian oleskan My Baby Minyak Telon Plus agar tubuhnya menjadi hangat dan nyaman. My Baby Minyak Telon Plus diformulasikan secara khusus untuk memberikan fungsi ganda untuk kehangatan dan kenyamanan bagi bayi, serta melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau serangga.

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE