Perkembangan Bayi saat Memasuki Usia 6 Bulan

Begitu banyak yang terjadi dalam enam bulan pertama ini ya, Bu. Dari bayi baru lahir yang tampak hanya bisa tidur dan menyusu, kini di usia 6 bulan, bayi mulai tersenyum, mengoceh, dan mulai makan. Banyak perkembangan baru yang menarik di usia 6 bulan ini, berikut di antaranya:

Perkembangan Bayi saat Memasuki Usia 6 Bulan

Keterampilan Motorik

Beberapa bayi usia 6 bulan sudah mulai duduk sendiri.  Awalnya ia akan menopang diri dengan tangan, tetapi seiring waktu dapat mulai duduk tanpa dukungan. Si Kecil juga dapat berguling dari punggung ke perutnya, dan sebaliknya. Beberapa bayi usia 6 bulan dapat merayap maju atau mundur dengan menggunakan perut.

Perkembangan Bayi saat Memasuki Usia 6 Bulan

Keterampilan Makan

Bayi usia 6 bulan harus mulai diperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). MPASI bisa dimulai dengan makanan bertekstur lembut seperti bubur bayi yang diperkaya zat besi yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Tujuannya supaya bayi beradaptasi dengan tekstur makanan tersebut. Perkenalkan juga buah-buahan dan sayuran satu per satu. Tunggu beberapa hari setiap kali mencoba sesuatu yang baru untuk memastikan bayi tidak alergi makanan tersebut.

Perkembangan Bayi saat Memasuki Usia 6 Bulan

Keterampilan Komunikasi

Bayi 6 bulan harus sudah bisa tersenyum, tertawa, dan mengoceh (ma-ma, ba-ba). Untuk membantunya belajar bahasa, bacakan ia cerita setiap malam. Bayi pada usia ini mulai merasa nyaman dengan orang-orang yang akrab  dengannya, ibu, ayah, nenek, dan kakek, serta beberapa mainan favoritnya. Ibu juga mungkin melihat tanda-tanda ia ketakutan ketika bayi bersama orang asing atau dalam situasi baru.

Perkembangan Bayi saat Memasuki Usia 6 Bulan

Keterampilan sosial emosional

Bayi lebih mulai memerhatikan lingkungannya. Dia akan bersemangat untuk menjangkau dan menyentuh semua yang dia lihat, dan jika dia tidak bisa melakukannya sendiri, dia akan meminta bantuan Ibu dengan berteriak, membenturkan mainannya, atau menjatuhkan benda yang ada di dekat dengannya. Tapi setelah Ibu datang, dia mungkin lupa tujuannya menarik perhatian Ibu. Ia malah tersenyum pada Ibu, tertawa, atau mengoceh. Sungguh menggemaskan!

Perkembangan Bayi saat Memasuki Usia 6 Bulan

Konsultasikan pada dokter bila bayi usia 6 bulan:

  • Menunjukkan sedikit minat pada orang lain dan jarang tersenyum/"bicara."
  • Membuat sedikit kontak mata dan jarang menunjuk sesuatu.
  • Tidak memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lainnya.
  • Tidak dapat duduk walau dengan dukungan.
  • Punya masalah makan (misalnya, sering melepeh daripada menelan).
  • Kehilangan keterampilan yang pernah ia miliki atau menunjukkan kelemahan di satu sisi tubuh.

Referensi:
www.webmd.com
www.kidshealth.org

Kategori:


Tumbuh Kembang

RELATED PRODUCTS

Cologne Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser
LIHAT DETAIL >
Lotion Telon Plus
LIHAT DETAIL >
SHARE