Tips Ibu Cerdas

Asyiknya Liburan di Rumah Nenek

Menjelang  libur Lebaran nanti bila si kecil diajak kakek neneknya untuk menginap di rumah mereka, bagaimana reaksi Ibu? Ragu-ragu? Sangatlah wajar, jika Ibu punya kekhawatiran kalau-kalau nanti kehadiran si kecil malah menambah kerepotan kakek-neneknya. Maklum anak balita, kan, belum mampu sepenuhnya mengurus diri sendiri.

Namun Bu, selama usia si kecil sudah lewat 4 tahun, mereka biasanya sudah bisa mengurus dirinya sendiri dan sudah mudah diberi pengertian. Jadi, dari segi usia, si kecil sebenarnya sudah siap untuk belajar menginap di rumah kakek-neneknya.

Dari segi manfaat, hubungan antar-generasi antara si cucu dengan kakek neneknya akan memberikan banyak  pengalaman yang akan membantu meningkatkan  kecerdasan emosional dan sosial buah hati.  Jika mereka melakukan suatu permainan dan melihat kakeknya tidak marah ketika kalah,  si kecil akan belajar bagaimana menangani kekecewaan. Sewaktu neneknya yang sedang sibuk memasak namun tetap mendengarkan ocehannya, si kecil akan belajar bagaimana mencintai dan merawat orang lain.

Rumah nenek dan kakek juga merupakan  tempat yang tepat untuk menunjukkan kepada si kecil ada tempat yang aman selain rumah. Bertemu dengan nenek dan kakek memberi si kecil  kesempatan belajar bagaimana menjadi baik, bagaimana menjadi peduli, bagaimana bertindak ketika Ibu tidak ada di sekitar dan bagaimana mengikuti aturan yang mungkin berbeda dari aturan di rumah.

Nah, sudah semakin mantap untuk memberikan izin pada si kecil untuk menginap di rumah kakek neneknya? Sebelum anak berangkat, ada beberapa yang perlu Ibu persiapkan, berikut tipsnya:

1. Berikan penjelasan tentang perbedaan fasilitas yang mungkin ada.

Seperti ada beberapa fasilitas yang biasa didapatkan di rumah, mungkin tak akan ditemuinya di tempat ia menginap. Contoh, di rumah nenek kakek mungkin tidak ada AC atau wifi.

2. Ingatkan untuk berperilaku yang baik.

"Kakak kalau mau sesuatu, jangan main ambil saja tapi bilang dulu sama Nenek atau Kakek ya!,” misalnya.

3. Berikan informasi mengenai tempatnya menginap.

Kalau di daerah pedesaan, gambarkan suasananya. Dengan demikian, anak akan lebih siap dalam menghadapi perubahan di sana.

4. Bekali dengan MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection.

Selama di rumah nenek kakek, si kecil biasanya akan banyak menghabiskan waktu di luar rumah, bermain di kebun, berjalan-jalan di pematang sawah, dsb. Agar anak terlindung dari serangga dan nyamuk demam berdarah, bekali anak dengan MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection. Minyak telon ini akan membantu menghangatkan tubuh si kecil dan menghindarinya dari perut kembung. Kandungan Minyak Sereh (Citronella Oil) dan Lemongrass Oil pada MY BABY Minyak Telon Plus Longer Protection  juga akan membantu melindungi si kecil dari gigitan serangga dan nyamuk demam berdarah hingga 8 jam. Selain itu, produk perawatan bayi ini telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

Produk Terkait:

Tags :

liburan
SHARE