Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Mengenalkan Anak Berpuasa dengan Cara Menyenangkan
Mengenalkan Anak Berpuasa dengan Cara Menyenangkan

Apakah si kecil sudah mulai berpuasa tahun ini? Bila belum, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengenalkan konsep puasa padanya. Cara yang menyenangkan bisa membuat si kecil tak takut menghadapi puasa, tapi justri semakin menantikannya. Yuk terapkan 5 cara ini, Bu!

  1. Bercerita

Saat anak bertanya mengapa Ibu tidak makan dan minum, ambillah kesempatan ini untuk bercerita tentang makna puasa. Ibu juga bisa membacakan kisah nabi dari buku cerita islami tentang berpuasa kepada si kecil. Dengan begitu, ia semakin mudah mengerti makna berpuasa dari sisi agama.

 

  1. Ciptakan suasana puasa yang penuh suka cita

Ajaklah si kecil menyiapkan makanan buka puasa untuk sekeluarga atau minuman manis kesukaannya. Bisa juga dengan dengan melakukan aktivitas ngabuburit, seperti berjalan-jalan ke luar rumah atau bermain dengan tetangga sekitar. Menunggu momen berbuka jadi tidak terlalu lama bukan?

 

  1. Belajar berpuasa

Ajak anak ‘berpuasa’ semampunya, selama 1 jam, besok 2 jam, dan seterusnya. Dengan melakukan konsep puasa berjangka ini, anak dapat menangkap gambaran seperti apa berpuasa itu. Saat anak mulai merasa kurang sehat, jangan dipaksakan ya Bu.. Berikan waktu anak untuk belajar secara perlahan.

 

  1. Puasa makanan favorit

Untuk belajar mengendalikan keinginan diri, anak juga bisa diminta tidak makan makanan favoritnya selama jam puasa. Dengan begitu, ia merasa harus mengurangi keinginan dan napsunya terhadap sesuatu hal yang ia suka.

 

  1. Kenalkan ritual bulan Ramadhan

Sahur, salat Tarawih, dan buka puasa jadi momen wajib selama bulan Ramadhan. Selalu mengajaknya untuk taat mengikuti semuanya ya, Bu. Selain                       itu, Ibu juga bisa membuat janji membelikan baju baru untuk dipakai saat Hari Raya, bila si kecil berniat mengikuti puasa.

 

Tags : si kecil puasa