Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Tips Puasa untuk Ibu Menyusui
Tips Puasa untuk Ibu Menyusui

Bolehkan saya berpuasa? Itu mungkin pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh Ibu yang tengah menyusui. Meski dalam Alquran, ibu menyusui diberi keringanan  untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain, namun bila ibu merasa kuat dan tidak ada masalah dengan ASI, boleh saja tetap berpuasa. Apakah kondsi Ibu yang tidak makan dan minum selama jam puasa akan mempengaruhi bayi?

 Jawaban menyejukkan diberikan oleh www.babycenter.uk. Pada website tersebut dijelaskan bahwa Ibu menyusui tetap dapat memproduksi  ASI selama berpuasa.  Jadi, tak perlu khawatir bayi akan kelaparan.

Saat berpuasa, tubuh Ibu akan beradaptasi dengan mengubah caranya membakar kalori. Bahkan jika Ibu makan sangat sedikit, tubuh Ibu akan mengambil lemak dari persediaan lemak Ibu untuk membuat ASI.  

Para peneliti juga telah membandingkan kesehatan ibu menyusui yang berpuasa dengan ibu menyusui yang tidak berpuasa. Ternyata keduanya memiliki keseimbangan kimiawi yang sama dalam darah mereka. Ini menunjukkan bahwa tubuh mereka berfungsi sama baiknya.

            Namun, Ibu menyusui perlu memperhatikan hal ini saat berpuasa. Berikut tipsnya:

  • Saat sahur, pastikan Ibu minum banyak dan makan makanan yang bergizi. Jangan sampai melewatkan waktu sahur karena ketiduran ya, pasang alarm  jika perlu.
  • Satu penelitian menunjukkan bahwa kadar beberapa nutrisi dalam ASI (zinc, magnesium, dan potassium) menurun jika ibu menyusui berpuasa. Jadi cobalah untuk makan dengan baik, yakni makanan yang mengandung gizi seimbangsaat berbuka dan pada malam harinya.
  • Bila perlu konsumsi suplemen untuk ibu menyusui. Minumlah pada saat sahur.
  • Hindari melakukan pekerjaan yang membutuhkan energi ekstra saat berpuasa.
  • Milikilah buku harian sehingga Ibu dapat mencatat dengan baik apa yang sudah Ibu makan dan minum saat sahur dan buka.
  • Istirahat sebanyak yang Ibu bisa lakukan sepanjang hari.
  • Selama berpuasa (dan menyusui), mungkin berat badan Ibu akan turun
    Penurunan berat badan antara 0,5 hingga 1 kgper minggu tidakmemengaruhi kesehatan atau memengaruhi suplai ASI. Konsultasikan dengan dokter, jika Ibu merasa berat badan  turun lebih banyak dari itu.
  • Kenali tanda Ibu tidak sehat: mata berkunang-kunang, pusing, lesu, bibir kering. Bila muncul tanda-tanda ini Ibu harus berbuka puasa dengan minum air putih yang ditambahkan gula dan garam. Ibu juga bisa minum larutan rehidrasi oral yang banyak dijual di pasaran. Kemudian beristirahatlah. Setelah setengah jam, jika Ibu masih merasa tidak sehat, hubungi dokter.

Tags : ibu menyusui