Kesehatan & Nutrisi

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari saat Liburan

Pergi  liburan  merupakan saat yang dinanti-nanti oleh seluruh anggota keluarga. Momen ini tentu jangan sampai dirusak dengan gangguan kesehatan yang muncul lantaran salah makan.  Untuk itulah kita perlu lebih bijak dalam memilih makanan. Berikut beberapa makanan/minuman yang perlu dihindari saat liburan:

Es batu
Terkadang di cuaca yang terik kita tergoda untuk menambahkan es batu ke dalam minuman. Namun pertimbangkan hal ini saat berlibur, karena  es batu terkadang dibuat dari air mentah yang dapat membuat kita sakit perut.

Gorengan
Jajan gorengan di sembarang tempat saat berlibur,  terutama makanan yang digoreng dengan minyak jelantah, dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti sakit tenggorokan atau sakit pencernaan.

Susu yang tidak dipasteurisasi.
Selama liburan, sebaiknya bawa bekal susu kemasan karena membeli susu (terlebih tanpa ada label bukti pasteurisasi) dapat meningkatkan risiko diare dan muntah-muntah.

Hidangan seafood
Terutama kerang karena dapat menyebabkan masalah keracunan. Makan ikan akan cenderung  lebih aman.

Bumbu dalam botol
Seperti saus tomat, saus sambal, terutama yang tidak bermerek. Ini terkait dengan kandungan zat-zat  di dalamnya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keamanannya. Lebih baik, bawalah saus tomat atau saus sambal dalam sachet yang sekarang banyak dijual di pasaran.

Telur setengah matang
Telur yang tidak masak dengan matang sangat rentan terjangkit bakteri Salmonella. Daya tahan tubuh yang  menurun karena kelelahan saat berlibur, akan mudah membuat kita terinfeksi bakteri ini. Umumnya gangguan medis yang dapat ditimbulkan adalah sakit perut, mual, muntah, dan diare.

Makanan  terlalu pedas
Bagi penyuka makanan pedas, mungkin akan sulit bila harus membatasinya. Namun saat berlibur, sungguh bijak bila kita mencari makanan yang lebih aman untuk pencernaan. Seperti kita ketahui, makanan pedas bisa dengan mudah memicu timbulnya diare.

 

SHARE