Ini 5 Cara Mencegah Si Kecil Masuk Angin saat Mudik, Bikin Perjalanan Lancar!

Mudik atau pulang kampung adalah salah satu tradisi Lebaran di Indonesia. Mungkin Moms berencana untuk membawa si Kecil untuk mudik bertemu sanak saudara tahun ini. Namun, mudik bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Moms ketika membawa anak. Perjalanan jauh, kelelahan, perut kosong, hingga perubahan cuaca yang tak menentu bisa membuat anak rentan terkena masuk angin.

Gejala masuk angin pada anak beragam, mulai dari mual, muntah, demam, hingga diare. Tentu ini akan membuat Moms khawatir dan pengalaman mudik jadi kurang menyenangkan.

Namun, jangan khawatir, Moms. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah si Kecil masuk angin saat mudik. Yuk, simak ulasannya!

1. Pastikan anak cukup istirahat

Kurang istirahat akan menyebabkan kelelahan. Ketika si Kecil lelah, daya tahan tubuhnya dapat menurun sehingga membuatnya lebih rentan terserang penyakit. Terlebih ketika cuaca dingin, daya tahan tubuh lebih mudah menurun.

Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan durasi yang panjang, pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup. Jika berangkat mudik pagi hari, jangan biarkan anak tidur terlalu larut malam sebelumnya.

Lama waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang tentu berbeda-beda. Untuk anak berusia 0-1 bulan membutuhkan waktu tidur 14-18 jam sehari. Anak berusia 1-18 bulan membutuhkan waktu tidur 12-14 jam sehari, termasuk tidur siang. Sementara anak berusia 3-6 tahun membutuhkan waktu untuk istirahat selama 11-13 jam sehari, termasuk tidur siang. Selama perjalanan mudik, pastikan pula anak mendapatkan istirahat yang cukup, ya, Moms.

2. Makan teratur

Jangan sampai waktu makan si Kecil terganggu selama perjalanan mudik, Moms. Hal ini untuk mencegah perut kembung dan masuk angin pada anak. Pastikan perut anak tidak kosong selama perjalanan mudik dan jangan sampai terlambat makan. Selain itu, hindari makanan berlemak karena dapat mengganggu pencernaan dan membuat anak mual. Berikan si Kecil makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah, sayuran, dan makanan kaya protein. Jangan lupa pula berikan camilan sehat untuk mencegah perut kosong.

3. Minum yang cukup

Pastikan si Kecil minum cukup air selama perjalanan mudik, ya, Moms! Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya. Ketika dehidrasi terjadi, tubuh tidak memiliki cukup air untuk menjalankan fungsinya dengan normal.

Dehidrasi dapat menurunkan imunitas, sehingga tubuh menjadi mudah lemas dan rentan terserang penyakit, seperti masuk angin. Oleh karena itu, anak harus diberi minum secara teratur, terutama jika cuaca sedang panas.

Baca Juga: Bahaya Dehidrasi Pada Anak

 

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Perubahan suhu yang drastis dan cuaca tidak menentu bisa membuat anak masuk angin. Gunakanlah pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan simpel agar anak bebas bergerak. Selain itu, Moms juga harus membawa jaket atau selimut tipis untuk menjaga kehangatan tubuh si Kecil.

 

5. Oleskan minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti menghangatkan tubuh, mengurangi nyeri sendi dan otot, membantu melancarkan pernapasan, hingga mencegah masuk angin. Moms bisa mencoba mengoleskan MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Lavender pada dada, punggung, dan telapak kaki si kecil untuk membantu mencegah masuk angin.

my baby kids minyak kayu putih

Diperkaya dengan aroma lavender yang menenangkan, MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Plus Lavender memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mencegah masuk angin, minyak kayu putih satu ini juga dapat meredakan sakit perut dan kembung, menghangatkan tubuh, dan melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk hingga 10 jam sehingga membuat si Kecil tetap nyaman dan aman saat perjalanan mudik.

Itulah beberapa cara mencegah si Kecil masuk angin saat mudik agar perjalanan lancar.

Jangan lupa membawa MY BABY Kids Minyak Kayu Putih Lavender sebagai solusi alami untuk mencegah masuk angin pada si Kecil, ya, Moms!

Artikel Lainnya: 5 Cara Sederhana Agar Si Kecil Terhindari dari Demam Berdarah, Semua Ibu Bisa Lakukan!

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Powder Fresh & Moist
LIHAT DETAIL >
Toothpaste Orange
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Wash Soft & Smooth
LIHAT DETAIL >
SHARE