5 Tips Perawatan Bayi Baru Lahir di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan kesibukan Ibu yang baru melahirkan akan semakin bertambah. Karena Ibu tak hanya mengurus bayi baru lahir, namun juga akan disibukkan dengan urusan domestik lainnya, seperti menyiapkan sahur, memasak untuk buka puasa, dan sebagainya. Lalu apa yang harus dilakukan Ibu? Berikut 5 tips perawatan bayi baru lahir di bulan Ramadan.

  1. Hindari Baby Blues Akibat Kelelahan

Kelelahan akan membuat Ibu semakin tegang dan meningkatkan risiko terkena baby blues. Cobalah untuk menerima bantuan dari orang-orang terdekat, ayah misalnya. Dalam perawatan bayi baru lahir peran ayah cukup besar. Saat Ibu merawat bayi,ayah dapat membawakan makanan berbuka bagi Ibu atau membuatkan secangkir teh hangat pada saat sahur. Dukungan ayah akan membuat Ibu merasa nyaman dan menghindari Ibu terkena baby blues.

 

  1. Atur Jadwal Tidur

Mungkin sulit bagi Ibu untuk tidur karena bayi perlu menyusu sedikit-sedikitnamun sering.Pandai-pandailah mengatur waktu beristirahat. Sebisa mungkin Ibu tidur, ketika bayi sedang tidur. Ibu juga dapat memberi bayi stok ASI yang sebelumnya Ibu sudah perah sehingga Ibu dapat bergantian tidur dengan pasangan. Dengan begitulah perawatan bayi baru lahir saat Ramadhan  akan semakin lancar.

 

  1. Optimalkan ASI

Perawatan bayi baru lahir akan terkait erat dengan ASI yang optimal. Ibu yang memutuskan tetap puasa harus bisa mengatur asupan supaya ASI-nya  tetap lancar. Untuk mengejar target  8 gelas cairan sehari, pastikan Ibu minum minimal 2 gelas air putih saat sahur dan sisanya bisa diatur pada saat berbuka.   Makan makanan berprotein dan berserat tinggi akan membantu menjaga nutrisi Ibu menyusui selama jam puasa.  Memerah ASI dan menyusui bisa dilakukan pada malam hari karena biasanya produksi ASI Ibu saat siang akan berkurang.

  1. Jangan Takut Menggendong dan Memandikan

Perawatan bayi baru lahir, seperti menggendong, memandikan, dsb,  bisa sangat menakutkan bagi ibu baru. Ini reaksi wajar naluri keibuan yang merasa memiliki tanggung jawab besar pada bayinya. Apa yang harus dilakukan? Selalu mencoba untuk tenang. Ibu juga dapat menimba ilmu cara perawatan bayi baru lahir dari senior-senior yang sudah lebih terlatih, seperti Ibunda atau Ibu mertua.

  1. Tepat Memilih Perawatan Harian

Untuk perawatan bayi baru lahir, gunakan produk perawatan yang aman, seperti rangkaian produk perawatan dari MY BABY.  Seluruh produk MY BABY telah teruji secara klinis (clinically tested) sehingga aman untuk kulit bayi yang halus dan lembut.

Kategori:


Perawatan Anak

RELATED PRODUCTS

Hair & Body Wash Healthy & Fresh
LIHAT DETAIL >
Milk Bath Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
Minyak Kayu Putih Plus Lavender
LIHAT DETAIL >
SHARE