Si Kecil Takut Keramas? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Hampir semua anak balita pernah mengalami tahapan takut keramas. Penyebabnya bisa beragam, karena mereka pernah terkena shampoo di mata sehingga terasa pedih, misalnya, atau pernah terkena shampoo di mulut dan terasa pahit. Bisa juga karena anak takut saat kepalanya dibilas air sehingga ia merasa susah bernapas. Terkadang juga penyebabnya campuran dari semua ini. 

Namun ada banyak cara untuk si Kecil yang takut keramas agar lebih menikmati kegiatan cuci rambutnya ini, berikut di antaranya:

Tidak harus setiap hari

Mencuci rambut tidak harus dilakukan setiap kali si Kecil mandi, cukup 1-2 kali seminggu, misalnya. Jeda ini memungkinkan balita untuk mengatasi ketakutannya sehingga cukup senang untuk mencoba keramas kembali.  

Cari solusi bersama

Jika si Kecil sudah bisa bicara, tanyakan mengapa ia tidak suka keramas, apakah dia tidak suka saat air terkena wajahnya atau karena gosokan Ibu di kepalanya terlalu keras, atau lainnya. Ajaklah anak untuk memecahkan masalahnya. Bila ia tidak suka saat air di wajahnya, topi keramas bisa menjadi solusi. Jika dia benci saat rambutnya digosok, dia bisa melakukannya sendiri. 

Biarkan dia mencuci rambut bonekanya 

Untuk balita yang lebih kecil, dia bisa diajak bermain peran dengan mencuci rambut boneka kesayangannya. Ajarkan langkah-langkahnya, seperti membasahi rambut dulu, memberi shampoo, menggosok kepala secara perlahan, sampai membilas rambut hingga bersih. Cara ini bisa membuat anak lebih rileks dan mungkin bisa memberi Ibu petunjuk mengapa dia tidak suka rambutnya dikeramas. 

Buat keramas menyenangkan

Banyak cara membuat acara keramas lebih menyenangkan. Contoh dengan membentuk rambut si Kecil sedemikian rupa dengan shampoo. Biarkan dia melihatnya di cermin. Bentuk tanduk, lingkaran kecil, dan sebagainya bisa membuat si Kecil tertawa hingga  membuatnya lebih menikmati keramas. 

Gunakan MY BABY Kids Shampoo & Conditioner 

MY BABY Kids Shampoo & Conditioner  dapat membantu si Kecil yang takut keramas karena memiliki formula lembut. Shampoo ini mudah dibilas, tidak pedih di mata, dan memberikan keharuman yang tahan lama. Karena terbuat dari bahan alami, MY BABY Kids Shampoo & Conditioner aman digunakan setiap hari. 

MY BABY Kids Shampoo & Conditioner terdiri dari dua varian yaitu Healthy & Fresh yang diperkaya dengan Pro Vitamin B5 & Olive Oil serta Soft & Shiny dengan kandungan Pro Vitamin B5 & Milk Protein.  Keduanya praktis untuk mencuci rambut si Kecil yang takut keramas karena dalam sekali pemakaian MY BABY Kids Shampoo & Conditioner mampu sekaligus membersihkan rambut dan kulit kepala si Kecil, menjaga kelembapan rambut, membuat rambut anak jadi halus, lembut, berkilau, dan mudah diatur. 

Semoga si Kecil tidak takut keramas lagi ya, Bu!

Sumber:

www.babycenter.com.au

Kategori:


Perawatan Anak

RELATED PRODUCTS

Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Cologne Sweet Blossom
LIHAT DETAIL >
Powder Nourish & Smooth
LIHAT DETAIL >
SHARE