Tren

Pentingnya Me-Time dan Mencari Hobi Baru bagi Ibu Selama di Rumah

Menjadi seorang ibu adalah tugas mulia yang sekaligus membahagiakan. Tetapi siapa pun yang memiliki bayi, tentu mengetahui bahwa menjadi Ibu juga membutuhkan me- time atau meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri, terlebih pada masa pandemi ini.

Dalam live chat bersama MY BABY, Psikolog Tiara Puspita, M.Psi  menjelaskan ibu, sebagai figur penting dalam rumah tangga, secara langsung terdampak kondisi pandemi saat ini.  Ibu rumah tangga, misalnya, harus menghabiskan 24 jam di rumah mengurus tugas rumah tangga, mengurus suami, dan tentu mengurus si Kecil sehingga dapat mengalami stres dan kejenuhan. Sementara bagi ibu bekerja, pandemi menjadi tantangan lebih karena adanya kebutuhan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan sambil menyeimbangkan peran sebagai ibu dan istri. Ini tentu bisa menambah tingkat stres yang dialaminya.

Tanda-tanda kejenuhan dan stres yang dialami Ibu bisa muncul dalam berbagai bentuk, dari ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas harian, merasa cemas yang berlebihan, menangis tanpa sebab, kemarahan yang meledak-ledak lebih dari biasa, merasa sedih, hingga kehilangan minat untuk menjalani hari-hari.

Untuk menurunkan tingkat stres, menurut Tiara, Ibu perlu belajar menerima keterbatasan yang ia miliki, serta tidak berharap untuk serba-sempurna. Tiara juga memandang penting untuk Ibu memahami kondisi fisik dan emosional diri sendiri dan menyadari kapan saatnya Ibu membutuhkan waktu untuk me-time.  Berikut beberapa tips pentingnya me-time yang diberikan Tiara Puspita, M.Psi  

  • Tak perlu merasa bersalah
    Tiara mengingatkan agar Ibu tidak melihat me-time sebagai bentuk egoisme. Misalnya berpikir "Waktu saya saja sangat terbatas, masa sih saya harus menghabiskan waktu untuk me-time dibandingkan dengan pasangan atau anak saya?" Me-time tidak selalu harus lama, 1-2 jam dapat menjadi rehat yang dibutuhkan ibu untuk merasa segar kembali.
  • Bagi tugas dengan pasangan
    Ibu perlu berdiskusi secara terbuka dengan pasangan atau anggota keluarga yang lain untuk berbagi peran serta tanggung jawab dalam mengelola waktu serta tugas rumah tangga, termasuk mengalokasikan waktu me-time untuk Ibu. 
  • Lakukan interaksi sosial
    Cobalah menghabiskan waktu dengan teman atau kerabat, mengobrol ringan, bercanda, dan sebagainya. Jika belum memungkinkan untuk Ibu bertatap muka, Ibu bisa menanyakan kabar lewat "zoom call". Meski terkesan sederhana, interaksi ini akan me-recharge energi ibu.

Nah Ibu sudah siap me-time kan? Jangan lupa kemana pun Ibu pergi untuk me-time bawa selalu MY BABY Mom’s Hand Sanitizer. Hand Sanitizer ini merupakan antiseptik yang mengandung alkhol 65% untuk membersihkan tangan Ibu sebagai pengganti air yang efektif membunuh kuman dan bakteri. Kandungan lidah buaya MY BABY Mom’s Hand Sanitizer dapat melembapkan dan tidak membuat kulit terasa kering. Formula hand sanitizer ini memiliki wangi lembut dan mengandung chamomile sebagai anti-irritant. Semoga dengan me-time Ibu bisa menjadi jauh lebih bahagia dan lebih tangguh!

Kategori:
Tren

Produk Terkait:

SHARE