Tips Ibu Cerdas

Anak Sering Berkeringat? Ini Solusinya

Apakah Ibu kerap memerhatikan bayi setelah ia habis bobok siang? Biasanya ketika ia bangun, tubuhnya akan basah kuyup dengan keringat.  Namun, ibu tidak perlu khawatir karena ini sepenuhnya proses normal.

Bayi cenderung lebih banyak berkeringat karena beberapa alasan. Bayi memiliki lebih banyak kelenjar keringat di kepala dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, sehingga ia tampak lebih banyak berkeringat di kepala. Sistem pengaturan suhu tubuh bayi juga lebih lambat dibandingkan dengan orang dewasa. Enggak heran, saat kepanasan sebentar saja, bayi berkeringat banyak.

Jika bayi sehat, makannya baik, ia bermain dengan aktif, tidur dengan nyenyak, tidak rewel, berat badan dan tumbuh kembangnya baik seiring bertambahnya usia, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika bayi banyak berkeringat.

Tips di bawah ini semoga dapat membantu masalah si kecil yang sering berkeringat:

1. Perhatikan baju bayi.

Umumnya karena takut bayi kedinginan, kita cenderung memakaikan bayi baju berlapis-lapis. Pada cuaca panas, tentu ini bukan tindakan bijak. Pakaikan saja si kecil baju tipis yang nyaman, seperti kaus atau piama.

2. Tak perlu diselimuti di siang hari.

Pada siang hari, terlebih saat cuaca panas terik, bayi tidak perlu diselimuti saat tidur. Selimut hanya akan membuat kulitnya tidak dapat bernapas sehingga tubuhnya banjir berkeringat.

3. Perhatikan suhu ruangan.

Banyak orang tua takut memasang kipas angin atau AC di kamar bayi karena takut bayi masuk angin atau merasa kedinginan. Ini tidak benar. Dalam cuaca yang sangat panas, bayi membutuhkan pakaian dan lingkungan yang sama seperti orang dewasa.

4. Memandikan bayi.

Tubuh berkeringat menandakan bayi kepanasan. Mandi tentu akan membuatnya lebih segar dan nyaman. Saat memandikan bayi yang berkeringat, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Tunggulah beberapa saat agar keringat bayi hilang, baru mandikan.
  • Air mandinya tak perlu terlalu hangat, air suam-suam kuku akan membuatnya lebih nyaman.
  • Gunakan sabun khusus bayi yang bisa langsung digunakan untuk keramas sehingga membuatnya lebih segar.  MY BABY Hair and Body Wash, misalnya. Formula sabun ini begitu lembut untuk membersihkan rambut dan badan bayi, tidak menyebabkan iritasi di mata dan teruji klinis tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi.  Produk perawatan bayi ini juga diperkaya dengan lidah buaya dan alpukat untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu pertumbuhan rambut bayi.
  • Gosok daerah lipatan di tubuh bayi, seperti ketiak, sela jari tangan dan kaki serta bagian lain. Gunakan waslap untuk melepaskan semua kotoran dari tubuh.
  • Setelah tubuh bayi dikeringkan dengan handuk lembut, oleskan tubuh bayi dengan MY BABY Minyak Telon Plus. Minyak telon ini akan membantu menghangatkan tubuh dan menghindari bayi dari perut kembung. Kandungan Minyak Sereh (Citronella Oil) pada MY BABY Minyak Telon Plus juga akan membantu melindungi si kecil dari gigitan serangga dan nyamuk demam berdarah hingga 6 jam. Produk perawatan bayi  ini pun telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

Nah, si kecil pun sudah kembali segar!

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

SHARE