Tips Ibu Cerdas

Tips Menata Kamar Bayi Agar Bayi Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak terbukti penting untuk proses pematangan otak bayi, demi  pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mentalnya. Coba perhatikan Bu, ketika cukup tidur, bayi akan tampak ceria dan antusias berinteraksi dengan lingkungannya, bukan?

Salah satu cara agar bayi tidur nyenyak adalah dengan menata kamar bayi,  meletakkan berapa perlengkapan di kamarnya serta memerhatikan pencahayaan. Berikut tips menata kamar bayi agar bayi tidur nyenyak

  1. Atur Pencahayaan Lampu

Agar bayi tidur nyenyak, lampu tidur dibutuhkan untuk menciptakan pencahayaan yang nyaman . Setidaknya satu jam sebelum tidur, redupkan lampu di kamar tidur. Ketika mengganti popok  di malam hari, gunakan lampu tidur agar tidak mengganggu kenyenyakan tidur si Kecil. Perhatikan juga peralatan elektronik, seperti TV  atau HP , karena cahayanya bisa sangat terang dan mengganggu tidur si Kecil .

  1. Pasang Tirai

Tirai atau gorden dibutuhkan, selain untuk menghias kamar tidur, juga agar bayi tidur nyenyak. Untuk mengondisikan kamar tidur yang nyaman, tirai dapat ditutup pada saat bayi tidur siang. Suasana redup akan mengondisikan bayi untuk lebih cepat mengantuk dan membuat tidurnya nyenyak

  1. Penggunaan Kipas Angin/AC

Agar bayi tidur nyenyak pertimbangkan untuk meletakkan kipas angin/AC di kamar bayi. Kipas angin/AC akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Suara kipas angin  yang memutar pelan dan konstan atau dengungan lembut AC juga akan membuat bayi tidur lebih nyenyak.

  1. Dekatkan Boks Bayi

 

Posisikan boks bayi  di samping ranjang Ibu sehingga Ibu tidak perlu banyak beranjak saat harus menyusui bayi. Bila berniat menyusui bayi di ranjang,  pastikan Ibu memiliki tumpukan bantal untuk menopang diri agar nyaman saat menyusui.

  1. Tempatkan Kursi untuk Menyusui

Kursi ini penting agar Ibu dapat menyusui sewaktu-waktu dengan nyaman.

Ibu dapat memilih kursi goyang dengan sandaran lengan yang nyaman. Gerak-gerakan dengan lembut kursi goyang agar bayi tidur nyenyak.

  1. Tataan Rak Mainan

Rak diperlukan sebagai tempat menyimpan berbagai mainan si Kecil, terutama saat ia tidur siang. Terkadang bayi yang sudah agak besar akan sulit diminta untuk tidur karena asyik bermain. Alihkan perhatiannya dan simpan mainan tersebut di rak yang sudah tersedia.

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

SHARE