Tips Ibu Cerdas

Yuk, Asah Sensori Si Kecil Dengan Kegiatan Seru!

Ibu mungkin pernah melihat si Kecil begitu cepat merasa jijik pada sesuatu.  Saat diajak bermain di taman, dia tidak mau menyentuh rumput, ranting pohon, pasir dan sebagainya. si Kecil juga mungkin menolak bermain playdough karena tidak suka dengan teksturnya yang lengket.  

Tak perlu khawatir Bu, sensory play dapat membantu mengatasi masalah ini. Sensory play atau permainan sensorik adalah semua jenis permainan atau aktivitas yang melibatkan indra anak-anak, seperti indra perasa, penciuman, sentuhan, pendengaran, dan penglihatan, serta dua indra lainnya, yakni kesadaran dan keseimbangan tubuh.   

Baca Juga: 5 Tanda Mainan si Kecil Perlu Segera Dibersihkan dengan Spray Pembersih yang Praktis

Banyak manfaat sensory play. Salah satunya, seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk anak-anak yang kesulitan dengan tekstur tertentu, sensory play dapat membantu mereka menyesuaikan diri. Beberapa manfaat sensory play lainnya dijelaskan Educational Playcare sebagai berikut:

  • Penelitian menunjukkan sensory play membangun koneksi saraf di otak, yang meningkatkan kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas-tugas belajar yang lebih kompleks.
  • Mendukung perkembangan bahasa, pertumbuhan kognitif, keterampilan motorik halus dan kasar, keterampilan memecahkan masalah, dan interaksi sosial.
  • Membantu dalam mengembangkan dan meningkatkan daya ingat.
  • Bagus untuk menenangkan anak saat cemas.
  • Membantu si Kecil mempelajari berbagai tekstur, seperti berlendir, lengket, kering, dan sebagainya.  

Agar si Kecil tertarik bermain, ciptakan sensory play yang menyenangkan. Sebisa mungkin pilih bahan-bahan yang aman, seperti bahan makanan, contoh jelly, meises, tepung, karena balita masih senang memasukkan segala sesuatunya ke mulut.  

Pastikan juga kebersihan peralatan yang digunakan, manfaatkan spray pembersih yang efektif membunuh bakteri dan kuman, seperti MY BABY Antibacterial Cleaner.  Semprotkan MY BABY Antibacterial Cleaner pada semua mainan sensory sebelum digunakan si Kecil. Spray pembersih ini mengandung Antibacterial Agent dan Chamomile yang dikenal sebagai anti-iritasi. Formula MY BABY Antibacterial Cleaner food Grade, tidak mengandung alkohol, dan lembut di tangan. 

Bila Ibu memerlukan inspirasi sensory play, beberapa waktu lalu 

#MYBABYMomversity menggelar kelas Sensory Play via Zoom bersama Kindy Cloud dan Kimberly Ryder. Ibu bisa menonton siaran ulangnya dan praktik langsung untuk bermain sensory bersama si Kecil di rumah lewat link ini: >https://www.youtube.com/watch?v=-eLh1cROfVg&ab_channel=MyBabyID

 

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Kulit Anak agar Tetap Halus

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

Produk Terkait:

SHARE