Tips Ibu Cerdas

Kenali Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang tua tentu ingin anak-anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Namun dalam masa pertumbuhannya, si Kecil terkadang mengalami kondisi yang bisa menyebabkan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal. Yuk, kenali apa saja gangguan yang bisa dialami si Kecil dalam masa pertumbuhannya serta cara mengatasinya.

  • Gangguan bicara
    Gangguan bicara atau speech delay merupakan gangguan kognitif yang membuat anak mengalami keterlambatan berbicara yang tidak sesuai dengan pertambahan usianya. Misalnya, pada usia 15 bulan ia tidak berbicara, mengerti atau merespon kata-kata sederhana. Penyebab umumnya karena kurangnya komunikasi verbal dari orangtua atau orang dewasa lain yang mengasuhnya.
  • Gangguan motorik
    Gejalanya bisa dilihat pada anak yang aktivitasnya terganggu, gerakan tubuhnya menjadi lambat atau bahkan sulit berjalan. Penyebabnya, terlambatnya perkembangan kemampuan motoriknya sehingga otot-otot tubuhnya menjadi kaku dan mengalami kesulitan merangkak, berjalan, melompat dan seterusnya. Gangguan ini dapat dilihat sejak usia dini, misalnya bayi usia dibawah 6 bulan, bayi belum bisa tengkurap atau menggenggam mainan. Atau pada bayi usia 15 bulan belum bisa berjalan, ini artinya bayi mengalami gangguan motorik.
  • Celebral Palsy   
    Gangguan pertumbuhan ini terjadi ketika otot-otot pada tubuh anak tidak mau mendengarkan perintah dari otaknya. Akibatnya, terjadi kelainan postur dan gerakan tubuh anak.
  • Down syndrome 
    Kondisi ini biasanya sudah dapat dideteksi sejak masa kehamilan, melalui USG oleh dokter. Anak dengan down syndrome biasanya dapat dilihat dari ciri fisiknya, terutama pada wajah. Serta diikuti beberapa faktor lain, seperti kecerdasan yang terbatas dan masalah biologis yang membuat perkembangan motoriknya terhambat.
  • Postur pendek
    Ini bisa saja diturunkan secara genetis tapi dapat pula karena kelainan kromosom, kelainan endokrin, gangguan gizi dan penyakit sistemik.
  • Global developmental delay
    Merupakan kondisi anak yang memiliki gangguan perkembangan baik itu motorik, kognitif, dan emosional.
     

Gangguan pada tumbuh dan kembang anak bisa Bunda sikapi dengan beberapa cara:

  1. Sejak bayi berikan vitamin dan nutrisi yang seimbang agar pertumbuhannya optimal.
  2. Berikan stimuli yang tepat untuk perkembangan bahasa dan motoriknya. Misalnya dengan sering-sering mengajak bayi berbicara atau gunakan mainan yang melatih indera pendengaran, penglihatan dan motoriknya

Konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk mengatasi permasalahan pada perkembangan si Kecil.

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

SHARE