Tren

Musim Penghujan Demam Berdarah Kembali Datang, Cegah dengan Anti Nyamuk Yang Aman

Demam Berdarah Dengue (DBD) identik dengan musim hujan karena pada musim tersebut banyak genangan air. Penyakit DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang ciri-cirinya berwarna belang hitam dan putih. Dalam website kemkes.go.id dijelaskan gejala awal DBD adalah mendadak demam tinggi selama 2-7 hari, penderita tampak lemah dan lesu, timbul bintik-bintik merah pada kulit, dan sering terasa nyeri di ulu hati. Sementara gejala lanjutannya bisa berupa pendarahan di hidung (mimisan) dan di bawah kulit, kadang terjadi muntah atau pup berdarah, apabila sudah parah penderita gelisah, tangan dan kaki dingin serta berkeringat. Untuk pertolongan pertama disarankan untuk memberi penderita banyak minum air putih, minum obat penurun demam, dan lakukan kompres. Jika dalam 3 hari demam tidak turun, penderita sebaiknya segera ke dokter. Tindakan pencegahan DBD adalah dengan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M+:  yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, mendaur ulang barang bekas, dan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Setelah melakukan tindakan pencegahan di atas, Ibu juga bisa melindungi si Kecil dari serangan nyamuk DBD dengan tips di bawah ini:

MY BABY - Musim Penghujan Demam Berdarah Kembali Datang, Cegah dengan Anti Nyamuk Yang Aman

  • Perhatikan kamar anak
    Nyamuk menyukai tempat lembap, dingin, dan gelap untuk berkembang biak. Untuk itu, usahakan kamar anak dalam kondisi terang. Atur sedemikian rupa sehingga akses sinar matahari bisa masuk ke dalam kamarnya.

MY BABY - Musim Penghujan Demam Berdarah Kembali Datang, Cegah dengan Anti Nyamuk Yang Aman

  • Pasang kawat anti nyamuk di ventilasi kamar anak.
    Ini supaya nyamuk tidak masuk ke kamar si Kecil. Bila memungkinkan gunakan kelambu saat anak tidur. Hentikan juga kebiasaan menggantung pakaian di kamar karena akan mengundang nyamuk.

MY BABY - Musim Penghujan Demam Berdarah Kembali Datang, Cegah dengan Anti Nyamuk Yang Aman

  • Gunakan anti nyamuk yang aman
    Sebelum anak beraktivitas, baik di dalam maupun di luar rumah, pastikan untuk mengoleskan bagian tubuhnya yang terbuka dengan anti nyamuk. Pilihlah anti nyamuk yang aman, seperti  MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection.  Anti nyamuk yang aman ini efektif melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk penyebab DBD dan serangga lain hingga 12 jam. MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection juga dapat memberikan kehangatan untuk tubuh si Kecil. Keunggulan lain  MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection adalah tidak lengket dan cepat menyerap di kulit si Kecil. Anti nyamuk yang aman ini juga memiliki formula natural yang terbuat dari bahan-bahan alami serta sudah teruji secara klinis tidak menyebabkan iritasi kulit dan halal sehingga aman untuk kulit bayi.  Selain itu, MY BABY adalah merk perawatan bayi yang telah terpercaya selama lebih dari 30 tahun di Indonesia.

Kategori:
Tren

SHARE