Tumbuh Kembang

Perkembangan Sensori Motorik Sesuai Usia Anak

Saat mengamati tumbuh kembang bayi sungguh menakjubkan. Setiap hari seperti ada saja keterampilan-keterampilan baru yang dikuasainya. Awalnya ia seperti sosok mungil yang tidak berdaya karena selalu terlelap, namun beberapa waktu kemudian, si kecil sudah dapat memainkan tangannya, lalu tengkurap, tiba-tiba berlarian kesana kemari. Wow!

Berikut “keajaiban-keajaiban” perkembangan sensori motorik bayi yang Ibu dapat amati:

  • Pada usia 1 bulan, otot leher bayi masih belum cukup kuat untuk menopang kepalanya. Saat ditengkurapkan, ia hanya bisa mengangkat kepala sebentar, sebelum "terjerembab" kembali. Gerakannya juga kebanyakan masih dipengaruhi oleh refleks. Salah satu yang kerap menarik perhatian adalah refleks kejutnya. Bila mendengar suara keras, tangan bayi bisa tiba-tiba terentang, meski ia dalam keadaan terlelap. Refleks ini sepenuhnya wajar, justru dapat bisa menjadi tanda bahwa koordinasi dan pendengaran bayi dalam kondisi normal.
  • Pada usia 3 bulan, bayi mulai bisa mengendalikan gerakan kepalanya. Beri bayi kesempatan untuk tengkurap saat ia terjaga, namun awasi dengan ketat. Posisi ini akan membantu ia mengembangkan kekuatan otot kepala dan lehernya. Sekitar usia 4 bulan, sebagian besar bayi mulai bisa menyeimbangkan kepala mereka dalam waktu singkat bila berada dalam posisi stabil. Bayi juga mulai senang memainkan kedua tangannya dan dapat menggenggam jari telunjuk Ibu. Coba saja!
  • Antara usia 4 dan 6 bulan, keseimbangan dan gerakan bayi meningkat secara dramatis. Koordinasi otot-otot besar bayi semakin baik. Bayi dapat berguling dan mulai bisa belajar duduk.
  • Pada bulan ke 7, indra penglihatan bayi sudah berfungsi hampir sama seperti orang dewasa. Bayi juga sudah bisa duduk tanpa dibantu dan mulai merangkak. Beberapa bayi bahkan sudah mencoba berdiri, meskipun urutan tonggak ini sangat bervariasi.
  • Antara usia 9 bulan dan 12 bulan, bayi mulai bisa menjumput benda-benda kecil dengan telunjuk dan ibu jarinya. Kebanyakan bayi di usia ini juga suka mengeksplorasi rasa dan tekstur sebuah objek, tak heran bila mereka senang memasukkan hampir apapun ke dalam mulut. Dalam beberapa bulan sebelum bayi mulai berjalan, mereka akan sering menghabiskan waktu berjam-jam menjelajah ruangan, berpegangan pada furnitur dan benda lainnya.
  • Banyak balita mulai berjalan sekitar usia 9 sampai 15 bulan. Dibutuhkan keberanian untuk mampu melakukan hal tersebut. Beri si kecil banyak kesempatan untuk belajar berjalan dan jangan lupa untuk memujinya ketika ia sudah memperlihatkan langkah pertamanya.

Kategori:
Tumbuh Kembang

SHARE