Tips Ibu Cerdas

Mengenal Self Soothing agar Bayi Tidur dengan MY BABY Minyak Telon Plus

Apakah si Kecil selalu perlu digendong atau diusap-usap punggungnya agar bisa tidur? Kalau alasan Ibu melakukan itu semua karena merasa si Kecil tipe yang susah tidur, menurut Ingrid Prueher, seorang konsultan tidur anak di Fairfield, Connecticut, anggapan ini kurang tepat. "Tidak ada yang namanya tipe anak sulit tidur, yang ada hanya kebiasaan tidur yang buruk dan itu biasanya bisa diubah," kata pembawa acara seri video Baby Sleep 911 seperti yang dimuat dalam  laman Parents. Untuk memprogram ulang rutinitas tidur bayi, Ibu bisa mengajarkan bayi self soothing, yaitu proses seorang anak belajar tidur sendiri ketika ditaruh di ranjang mereka, atau ketika mereka bangun di tengah malam.

Self soothing bisa diajarkan beberapa minggu setelah bayi dilahirkan. Semakin dini, akan semakin baik karena membuat bayi tidak punya kebiasaan digendong atau diusap-usap punggungnya untuk tidur. Bagaimana cara mengajarkan self soothing? Tips-tips ini bisa Ibu coba untuk diterapkan

  • Tetapkan waktu tidur teratur
    Taruh bayi di ranjangnya pada waktu yang sama setiap malam. Kebiasaan ini akan menyetel “jam internal” pada bayi sehingga ia cenderung mengantuk pada waktu yang dapat diprediksi.
  • Baringkan di ranjang saat bayi mulai mengantuk
    aringkan bayi di tempat tidur ketika dia masih bangun, tapi tampak sudah mengantuk. Ini yang akan membantu bayi berlatih tertidur tanpa bantuan Ibu.
  • Hentikan kebiasaan menyusui sampai bayi tertidur
    Jika bayi terbiasa tertidur saat menyusu, ia tidak akan belajar untuk tertidur sendiri. Solusi yang ditawarkan ahli adalah dengan memindahkan jadwal menyusui lebih awal atau secara bertahap persingkat waktu menyusui. Jika bayi mulai tampak mengantuk, berhentilah menyusuinya dan baringkan ia di ranjangnya sehingga akan terlelap sendiri.
  • Ikuti rutinitas tidur yang konsisten
    Menurut Nalle Brooke Nalle, seorang konsultan tidur dan pendiri Sleepy on Hudson di Dobbs Ferry, New York, rutinitas tidur yang konsisten dapat memberikan hasil yang luar biasa dalam self soothing. Rutinitasnya bisa disesuaikan dengan sikon. Misalnya, dengan membuat tubuh si Kecil lebih hangat menjelang tidur. Caranya? Ibu bisa menggusap lembut perut si Kecil dengan MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection. Lalu lanjutkan ke bagian dada dan punggung bayi.  Selain akan memberi rasa hangat yang nyaman, usapan Ibu dengan MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection juga akan membantu meredakan perut kembung si Kecil. Jangan lupa mengusapkan minyak telon ini di bagian tangan dan kaki si Kecil untuk membantu menghindarkannya dari gigitan nyamuk dan serangga hingga 12 Jam.  Minyak Telon no.1 di Indonesia ini memang sangat bermanfaat, mulai dari mampu memberi rasa hangat yang nyaman sampai memberikan perlindungan anti nyamuk, si Kecil pun akan terbantu cepat terlelap.

Beberapa bayi yang sudah lebih besar mungkin membutuhkan waktu lebih lama saat belajar self soothing ini, jadi Ibu perlu bersabar. Tetaplah memberi si Kecil banyak kesempatan, sehingga lama kelamaan ia akan dapat tertidur sendiri tanpa bantuan Ibu. Selamat mencoba!

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

Tags :

mybaby
SHARE