Perawatan Bayi

Tidak disangka, Cara ini Bisa Melebatkan Rambut Bayi

Bayi dilahirkan dengan jenis rambut yang berbeda-beda. Beberapa memiliki rambut yang lebat, ada juga yang tipis, bahkan botak, tanpa rambut. Bila rambut si Kecil yang baru lahir botak atau mengalami kerontokan, ini hal biasa dan tidak menunjukkan masalah kesehatan. 

Saat si Kecil masih di dalam rahim, kadar hormon yang tinggi bisa mempercepat pertumbuhan rambutnya. Namun, setelah lahir, kadar hormon tadi turun dengan cepat, dan membuat pertumbuhan rambutnya lebih lambat.

Rambut si Kecil juga akan memasuki siklus pertumbuhan baru tidak lama setelah ia lahir. Ketika ini terjadi, rambut mereka mungkin akan rontok.  Jadi tidak perlu khawatir karena ini hal yang wajar terjadi. Untuk membantu agar rambut si Kecil dapat tumbuh dengan baik, Ibu bisa mencoba cara melebatkan rambut bayi seperti di bawah ini:

 

1. Sisir lembut kulit kepala bayi 

Menyisir, menyikat, atau memijat kulit kepala bayi dengan lembut dapat merangsang pertumbuhan rambut karena bisa membantu menghilangkan cradle cap dan juga melancarkan sirkulasi darah dan folikel rambut. Oleskan sedikit minyak kelapa pada kulit kepala sebelum menyisir rambut bayi. Minyak kelapa kaya akan vitamin E alami, yang bisa bermanfaat untuk kulit kepala.

Baca Juga: Perlukah Vitamin Rambut Untuk Anak?

 

2. Gunakan handuk lembut setelah keramas

Saat mengeringkan rambut bayi setelah keramas, gunakan handuk yang lembut. Handuk yang kasar bisa merusak folikel rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 4 Perlengkapan Keramas Yang Harus Di Siapkan

 

3. Cukur rambut bayi

Beberapa orang tua ragu untuk mencukur rambut bayinya. Tetapi jika bayi memiliki rambut yang rontok atau tumbuh tidak rata, mencukur rambut si Kecil justru akan membantunya tumbuh dengan lebih merata. Setelah memotong rambut bayi, oleskan pelembab ke kulit kepala mereka untuk mengurangi kekeringan.

 

4. Keramas secara teratur

Kotoran yang menumpuk pada kulit kepala bayi dapat menyebabkan kekeringan, yang akhirnya bisa memperlambat pertumbuhan rambutnya.  Bayi baru lahir bisa keramas setiap 2 atau 3 hari. Pastikan untuk menggunakan air hangat dan produk perawatan mandi bayi yang lembut dan aman, seperti MY BABY Hair & Body Wash. 

Formula MY BABY Hair & Body Wash sudah teruji klinis (clinically tested) dan 99% melindungi dari kuman. Formulanya lembut dan aman digunakan untuk bayi dan newborn, serta tidak pedih di mata. Sabun sekaligus shampoo ini tidak licin dan mudah dibilas serta sangat praktis karena dapat membersihkan rambut dan badan bayi sekaligus.  Sebagai sabun, MY BABY Hair & Body Wash efektif membersihkan tubuh bayi, serta dapat membantu melembapkan, menutrisi, dan menyehatkan kulitnya. Sementara sebagai shampoo, bisa membantu pertumbuhan rambut bayi, menghaluskan dan melindungi kulit dari kekeringan, serta memberikan keharuman ekstra.

Selamat mencoba 4 cara melebatkan rambut bayi di atas ya, Bu!

Artikel Lainnya: Perawatan Bayi 4 Hal Yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

 

Sumber: 

Healthline

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE